ADITYA, ILHAM LUTFI (2024) PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B DI JAKARTA PUSAT DENGAN KONSEP DESAIN DEAF SPACE. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ILHAM LUTFI ADITYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Sekolah Luar Biasa khusus untuk disabilitas rungu adalah institusi pendidikan yang
desain untuk melayani kebutuhan pendidikan anak-anak dengan gangguan pendengaran. SLB
ini menyediakn berbagai fasilitas dan program yang bertujuan untuk mengoptimalkan
kemampuan akademik, sosial dan keterampilan hidup para siswa.
Disabilitas rungu adalah kondisi seseorang mengalami gangguan ini dapat
mempengaruhi kemampuan individu untuk mendengar suara, memahami percakapan dan
berkomunikasi secara efektif. Dan disabilitas rungu dapat terjadi sejak lahir atau berkembang
sering waktu akibat penyakit,cedera atau faktor lingkungan.
Fasilitas dan dukungan di sekolah untuk disabilitas rungu seperti SLB Bagian B
menyediakan berbagai fasilitas dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan siswa
dengan gangguan pendengaran. Beberapa elemen atau aspek penting sekolah yang dirancang
dengan prinsip-prinsip Desain Deaf Space dan lingkungan ramah disabilitas rungu
Konsep Desain Deaf Space adalah pendekatan dalam arsitektur dan desain interior
yang memperhatikan kebutuhan komunikasi dan lingkungan hidup individu dengan
disabilitas rungu. Deaf Space diciptakan untuk menciptakan lingkungan yang inklusif,
mendukung interaksi sosial dan meningkatkan kenyamanan, mandiri bagi mereka yang
mengandalkan komunikasi visual.
Kata Kunci
: Sekolah Luar Biasa, Disabilitas rungu, Konsep Deaf Space
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4450 |