SYARIFAH, FARIDA ZAKIYATU (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 15 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Farida Zakiyatus S._20110048 - farida zs.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
FARIDA ZAKIYATUS SYARIFAH. NPM 20110048. “Pengaruh
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Think Pair Share (TPS) Terhadap
Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMP Negeri 15 Semarang”. Skripsi, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Siti Fitriana,
S.Pd., M.Pd., Kons., Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
prokrastinasi akademik siswa. Dikatakan sebagai seorang yang melakukan
prokrastinasi sebagai salah satu perilaku yang tidak efisien dalam menggunakan
waktu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok teknik think pair share ini terhadap prokrastinasi
akademik siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan design
quasi experimental design. Sample yang terpilih dalam penelitian ini yaitu kelas
IX I yang diambil menggunakan Teknik Random Sampling sebanyak 30 siswa
untuk dibagi menjadi 15 siswa sebagai kelompok kontrol dan 15 siswa sebagai
kelompok eksperimen. Hasilnya, melalui uji t atau t-test dengan bantuan SPSS
22, berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil sigifikasi (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara
pretest dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang
bermakna terhadap perlakuan yang diberikan di kelas eksperimen. Dengan kata
lain Ho ditolak dan Ha diterima. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis
alternatif (Ha) yang berbunyi “bimbingan kelompok teknik think pair share
efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 15
Semarang”.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Bimbingan Kelompok, Teknik Think
Pair Share
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:51 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4379 |