Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada DM Distro Kota Pemalang

Apriani, Nia (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada DM Distro Kota Pemalang. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nia Apriani “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen pada DM Distro Kota Pemalang” Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi masih terdapat keluhan konsumen yang
komplain dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan
konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh kualitas
produk dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan
konsumen pada DM Distro Kota Pemalang. Dengan menggunakan variabel bebas
kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) dan variabel terikatnya adalah
kepuasan konsumen (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan
pendekatan asosiatif kausal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner atau angket. Populasi penelitian ini adalah
konsumen yang pernah berbelanja di DM Distro Kota Pemalang, sedangkan
sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden, kemudian diolah dengan
bantuan program software SPSS Ver.22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen berbelanja di DM
Distro Kota Pemalang, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen berbelanja di DM Distro Kota Pemalang,
(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitas
pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen berbelanja di DM
Distro Kota Pemalang. Simpulan dalam penelitian ini bahwa kualitas produk dan
kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 89,1% terhadap kepuasan konsumen
berbelanja di di DM Distro Kota Pemalang, sedangkan sisanya 10,9 %
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang diteliti. Saran penelitian ini adalah
karyawan DM Distro melakukan pengecekan ulang terhadap barang yang sudah di
pesan oleh konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:07
Last Modified: 22 Mar 2024 07:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3654

Actions (login required)

View Item
View Item