ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERCAYA DIRI SISWA KELAS X IPA SMA N 3 PEMALANG

Fitrianingrum, Mirta Sari (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERCAYA DIRI SISWA KELAS X IPA SMA N 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MIRTA SARI FITRIANINGRUM 15110121 .pdf] Text
MIRTA SARI FITRIANINGRUM 15110121 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mirta Sari Fitrianingrum. 15110121.“Analisis Faktor-Faktor Percaya
Diri Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Pemalang”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang.Dr. M. Th.S.R.Retnaningdyastuti, M.Pd,Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi,
M. Psi. Psikolog.Maret 2022.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor percaya
diri siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Pemalang.Jenis penelitian ini adalah
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X
IPA SMA Negeri 3 Pemalang yang berjumlah 180 siswa yang terdiri dari 5 kelas.
Teknik pemilihan sampel tryout sebanyak 36 siswa dan sampel penelitian36 siswa
menggunakan cluster random samplingData penelitian ini diperoleh melalui
kuisioner. skala percaya diri yang sebelum digunakan untuk penelitian dilakukan
uji validitas dan uji reliabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa faktor percaya diri yang lebih dominan adalah pada faktor internal sub
indikator “pengalaman hidup” dimana skor 8 – 13 pada kategori sangat rendah
tidak terdapat siswa, skor 14 – 19 pada kategori rendah terdapat 10 siswa dengan
persentase 27%, skor 20 – 25 pada kategori tinggi terdapat 23 siswa dengan
persentase 63% dan untuk skor 26 – 32 kategori sangat tinggi terdapat 3 siswa
dengan persentase 10%. Sedangkan faktor eksternal pada Sub indikator
“pendidikan” dimana skor 5-8 pada kategori sangat rendah tidak terdapat siswa,
skor 9-12 pada kategori rendah tidak terdapat siswa, skor 13-16 pada kategori
tinggi terdapat 23 siswa dengan persentase 64% dan untuk skor 17-20 kategori
sangat tinggi terdapat 13 siswa dengan persentase 36%.
Berdasarkan hasil analisis skala percaya diri dapat diketahui ada 14 siswa
dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 39%, 19 siswa pada kategori
tinggi dengan persentase 53%, 2 siswa pada kategori rendah dengan persentase
6%, dan 1 siswa pada kategori sangat rendah dengan persentase 1%. Faktor
percaya diri diperoleh hasil dari skala faktor percaya diri 36 responden dari yaitu
kelas X IPA 1 dapat diketahui bahwa jumlah skor terendah adalah 70, skor
tertinggi adalah 157 skor rata-rata 131,3. Dengan skor rata-rata 131,3 maka
tingkat percaya diri siswa dalam kategori sangat tinggi.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah yang pertama untuk siswa agar
menumbuhkan pemahaman dan pengetahuannya mengenai pentingnya
mengembangkan rasa percaya diri, karena untuk pemahaman tentang dirinya
dalam tingkat kepercayaan diri yang baik, dan yang kedua untuk guru BK
diharapkan agar guru BK agar memberikan layanan yang tepat dalam menangani
setiap permasalahan.
Kata kunci : Faktor-Faktor Percaya Dir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:10
Last Modified: 22 Mar 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item
View Item