MAULANA, AVIF (2022) ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERBITAN ERLANGGA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AVIF MAULANA NPM 16410047.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru dan peserta didik
yang memilih buku teks masih jauh dari kelayakan isi serta kesesuaiannya dengan
kurikulum yang berlaku. Dalam upaya meningkatkan pemilihan kelayakan isi
buku teks sebagai pedoman belajar-mengajar, terutama dalam terbitan buku teks
Erlangga kelas XI tahun pembelajaran 2019/2020.
Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah memfokuskan kelayakan isi
buku teks terbitan Erlangga, gunakan meningkatkan kualitas buju teks yang baik
serta layak digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran sesuai dengan
kurikulum yang berlaku.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif, dari hasil analisis data yang diperoleh akan dipaparkan dalam bentuk
laporan tertulis. Penelitian ini mendeskripsikan data yang akan dianalisis beruppa
kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia kelas XI terbitan Erlanga dengan
kurikulum2013.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas
XI terbitan Erlangga untuk mengetahui kelayakannya sesuai dengan kurikurum
2013. Data yang digunakan dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI terbitan
Erlangga ini adalah kelayakan isi dengan kurikulum 2013 yang mencakup
Kesesuaian Uraian Materi dengan SK dan KD, Keakuratan Materi, dan Materi
Pendukung.
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab IV,
buku teks Bahasa Indonesia terbitan Erlangga termasuk dalam kriteria buku teks
yang layak digunakan dalam pendidikan dan sebagai pedoman peserta didik serta
guru. Kelayakan ini dapat dilihat dari isi buku teks dalam setiap per babnya.
Setiap bab dalam buku teks tersebut terdapat uraian materi yang sesuai dengan KI
dan KD yang berlaku dalam kurikulum. Disampaikan dalam setiap babnya
keakuratan KI dan KD ini selalu ada pada halaman pertama dari bab 1 sampai bab
10, penyampaian tujuan pembelajaran yang sesuai dengan KI dan KD pada
kurikulum yang berlaku
Kata kunci: Analis, buku teks, kelayakan isi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:46 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3151 |