AFRIANI, MITA (2022) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KALIMANAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MITA A 18110112.pdf
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
MITA AFRIANI. NPM 18110112.“Hubungan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar
Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kalimanah”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022. Dosen
Pembimbing I : Suhendri S.Pd.,M.Pd.,Kons Dosen Pembimbing II : Dr. Venty
S.Ag.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar
siswa, rendanya motivasi belajar ditandai dengan daya konsentrasi siswa kurang,
enggan mengerjakan tugas, enggan masuk sekolah, semangat belajar yang rendah
sehingga nilai siswa kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
apakah ada hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP
Negeri 2 Kalimanah?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 286 siswa, yang terdiri dari kelas
IX A-I. Teknik yang digunakan adalah teknik stratified proportional random sampling
yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan dengan teknik acak
secara proporsional.
Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi
r hitung 0,789. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 128 dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,176. Oleh karena itu, nilai rhitung > rtabel atau 0,789
> 0,176 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
efikasi diri dengan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:50 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2950 |