Umroh, Mifdaul (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS BERMUATAN SUSTAINABILITY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERCAPAIAN SELF EFFICACY SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan
hasil belajar kognitif dan ketercapaian self efficacy siswa melalui model
problem based learning pada materi virus bermuatan sustainability.
Dengan desain penelitian Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pre experimental design dengan jenis penelitian one�group-pretest-postest. Penelitian ini hanya melibatkan satu kelas x karena
jumlah populasi yang relatif kecil. Penelitian ini diterapkan pada materi
virus kelas X MA Al Fikri Semarang. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan soal tes dan angket yang diberikan pada siswa. Untuk
mengukur hasil belajar kognitif siswa diberikan soal pretest-posttest yang
dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji
Paired Sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05,
maka data pada penelitian ini dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata
hasil belajar kognitif. Dan hasil uji N-gain diperoleh nilai N-gain 62,22%
berada dalam kategori sedang, menunjukkan terdapat peningkatan hasil
belajar kognitif yang cukup efektif. Dari hasil tersebut data pada penelitian
ini dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest ke
posttest hasil belajar kognitif siswa kelas X. Dan memunculkan adanya
ketercapaian self efficacy siswa dengan rata-rata presentase 85,55% yang
berkategori tinggi, sehingga dalam penelitian ini sudah mencapai target
ketercapaian self efficacy siswa yaitu minimal 85%. Maka dalam
penelitian ini H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penerapan model problem based learning pada materi virus
bermuatan sustainability berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar
kognitif dan ketercapaian self efficacy siswa.
Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar kognitif, Self
efficacy, Sustainabilit
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:33 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2894 |