PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN

FARIQY, GHULAM (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of GHULAM FARIQY 17110099.pdf] Text
GHULAM FARIQY 17110099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ghulam Fariqy. NPM 17110099. “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap
Motivasi Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa
Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada usia remaja orang tua kurang
memberikan perhatian terhadap perkembangan belajar yang dialami siswa. Orang
tua jarang menanyakan perkembangan belajar yang dialami siswa di sekolah
karena sebagian sibuk bekerja, dan sebagian lainnya menganggap bahwa siswa
tersebut sudah dewasa sehingga tidak membutuhkan arahan dan bimbingan dari
orang tua lagi.
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
pola asuh orangtua terhadap motivasi dalam belajar pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Wiradesa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. penelitian
yang bersifat ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas
XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Wiradesa. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui angket siswa.
Berdasarkan perhitungan uji regresi yang telah dilakukan diketahui bahwa
nilai thitung = 3.545 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 diterima,
berarti ada pengaruh nyata (signifikan) variabel trust (X) terhadap variabel
partisipasi (Y). Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis yang berbunyi
“Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap
motivasi dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa tahun ajaran
2021/2022” dapat diterima kebenarannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
dan orang tua harus selalu berkoordinasi tentang kegiatan dan aktivitas anak di
sekolah maupun di rumah guna memantau bagaimana hasil yang diperoleh anak
serta orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat sehingga antara sikap dan
hasil belajar anak dapat menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Pola asuh, Orangtua, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:37
Last Modified: 14 Mar 2024 02:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item
View Item