DEWI, LINTANG SARTIKA (2022) PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 PATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LINTANG SARTIKA DEWI 18410096.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi media audio visual yang merupakan
kombinasi atau perpaduan audio dan visual. Menggunakan media audio visual
akan semakin lengkap dan optimal untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan
penyajian bahan ajar kepada peserta didik. Media Google Classroom adalah suatu
serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang
lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas
kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap
penugasan tanpa kertas. Menyimak intensif merupakan menyimak dengan penuh
perhatian, ketekunan dan ketelitian sehingga penyimak atau peserta didik dapat
memahami secara mendalam dan menguasai materi yang disampaikan secara luas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil
penggunaan media audio visual untuk mengaplikasikan Google Classroom pada
pembelajaran menyimak teks prosedur kelas XI SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran
2022/2023. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan
media Google Classroom pada pembelajaran menyimak teks prosedur kelas XI
SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode
penelitian berupa data tes dan non tes, peserta didik membuat contoh teks
prosedur dengan tema bebas. Metode non tes berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI.
Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas
XI MIPA 3 dengan penggunaan media audio visual untuk mengaplikasikan
Google Clasroom dianggap berhasil karena nilai rata-rata peserta didik dalam
menyimak teks prosedur dibandingkan nilai kkm yang ditentukan yaitu 84>70.
Diketahui bahwa peserta didik yang menyimak teks prosedur pada rentang 0 – 52
dikategori kurang, dua peserta didik di rentang 51 – 68 dengan kategori cukup,
dan memiliki presentase 7,15%, delapan peserta didik pada rentang nilai 69 – 84
dengan kategori baik dipresentase 28,57, pada kategori sangat baik direntang nilai
85 – 100 dengan presentase 64, 28% berjumlah delapan belas peserta didik.
Saran untuk guru, alangkah baiknya dalam pembelajaran diterapkan
media-media yang kreatif dan inovatif sehingga proses belajar mengajar menjadi
lebih menyenangkan dan peserta didik mendapatkan pengalaman belajar dengan
suasana yang baru sehingga terciptanya tujuan pembelajaran yang semestinya.
Kata Kunci : Media Audio Visual, Google classroom, menyimak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:56 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2508 |