Iglisias, Halisa Maria (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH FUTUHIYYAH 2 DEMAK PADA MATERI VIRUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HALISA MARIA IGLISIAS 18320012.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penerapan model pembelajaran haruslah sesuai dengan materi yang akan
disampaikan, sehingga dengan diterapkannya model pembelajaran dapat membantu
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditargetkan. Tujuan dari penelitian
ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 Demak pada materi virus.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MA Futuhiyyah 2
Mranggen Demak tahun pelajaran 2022-2023. Pengambilan sampel menggunakan
Simple Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah metode tes dan angket respon siswa. Nilai rata-rata respon siswa ialah 82,8%
dengan kategori sangat positif, artinya secara keseluruhan siswa memberikan
respon yang sangat positif terkait penerapan model Problem Based Learning (PBL)
pada materi virus. Nilai hasil tes belajar siswa di kelas Eksperimen nilai rata-rata
siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning adalah 56,98%, dan
setelah diberi perlakuan nilainya meningkat menjadi 84,47%. Nilai hasil belajar
siswa di kelas Kontrol sebelum mengajar dengan konvensional nilai rata-rata siswa
adalah 55,93%, sedangkan nilai siswa setelah belajar dengan metode konvensional
adalah 72,37%. Hasil penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih
meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Angket respon siswa, Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 04:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 04:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2239 |