NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATERI DI SMA NEGERI 1 LASEM

Marhamah, Marhamah (2023) NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATERI DI SMA NEGERI 1 LASEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MARHAMAH  18410055.pdf] Text
MARHAMAH 18410055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menganalisis nilai pendidikan tentang
novel yang dapat digunakan sebagai sarana yang dihubungkan dengan
pengetahuan nilai pendidikan, juga dapat dimanfaatkan dalam bidang
pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu sebagai alternatif pembelajaran nilai
pendidikan yang terkandung dalam novel dapat dijadikan sebagai bahan
pembelajaran agar dalam proses pembelajaran berjalan kondusif dan
menyenangkan dan juga peserta didik dapat tertarik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah nilai-nilai pendidikan
yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan
bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel
Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi Karya
Andrea Hirata dan mengetahui pemanfaatan nilai pendidikan dalam novel Sang
Pemimpi Karya Andrea Hirata sebagai alternatif pembelajaran di SMA.
Dari analisis akhir nilai pendidikan yang ditemukan dalam novel adalah
sebagai berikut. (1) Nilai Pendidikan Ketuhanan, meliputi melaksanakan sholat
dan mengaji, belajar ilmu agama, tabah dalam menjalani hidup, memohon dan
berdoa kepada Tuhan, tawakal, bersyukur, bertaubat, percaya kepada takdir, dan
toleransi. (2) Nilai Pendidikan Moral, meliputi keberanian dalam hidup, disiplin,
kerja keras, mandiri, sikap saling memaafkan, dan rendah hati. (3) Nilai
Pendidikan Sosial meliputi saling tolong menolong, cinta kasih, dan
tanggungjawab. (4) Nilai Pendidikan Budaya.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah bahwa penelitian ini dapat
menjadi referensi bagi penulis lain dalam menganalisis nilai pendidikan dalam
novel sebagai sebuah karya sastra.
Kata kunci: nilai pendidikan, pembelajaran sastra, Andrea Hirata, analisis novel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:06
Last Modified: 29 Jan 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item
View Item