ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN

AULIA, WINDA (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Winda Aulia 19320075.pdf] Text
Winda Aulia 19320075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam
pelaksanaan asesmen autentik dan kesiapan guru menjadi salah satu faktor
keberhasilan dalam implementasi asesmen autentik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik
pembelajaran Biologi pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten
Kebumen, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan
dukumentasi. Teknik sampling yang digunakan berupa simple random
sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata presentase
kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi
pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen berdasarkan
PAP II yaitu 82% dengan kategori “sangat tinggi”. Dilihat dari aspek kesiapan
kognitif, sikap dan emosi, dan perilaku atau implementasi yang didapatkan dari
hasil wawancara yaitu memiliki presentase 89% dengan kategori “sangat
tinggi”. Hal tersebut juga dibuktikan dengan presentase kelengkapan perangkat
asesmen autentik yang digunakan guru yaitu 74% dengan kategori “tinggi”.
Faktor pendukung meliputi adanya sosialisasi dan pelatihan terkait asesmen
autentik pada kurikulum merdeka, sarana dan prasarana yang mendukung,
adanya kerja sama antar guru, serta pemahaman dan penguasaan guru terkait
asesmen autentik pada kurikulum merdeka. Faktor penghambat meliputi
kurangnya sosialisasi dan pelatihan terkait asesmen autentik pada kurikulum
merdeka, banyaknya jumlah siswa dengan kemampuan berbeda dan
keterbatasan waktu, serta kurangnya kemampuan guru dalam menguasai IT.
Kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi
pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen yaitu sangat
tinggi (82%).
Kata kunci : asesmen autetik, kesiapan guru, kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:31
Last Modified: 22 Jan 2024 03:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item
View Item