ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN BANTUAN APLIKASI AKSI SEKOLAH PADA SISWA KELAS 5 SDN SUGIHREJO 01 GABUS PATI

JAYANTI, LELLA DWI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN BANTUAN APLIKASI AKSI SEKOLAH PADA SISWA KELAS 5 SDN SUGIHREJO 01 GABUS PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LELLA DWI JAYANTI 19120191.pdf] Text
LELLA DWI JAYANTI 19120191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbahasa
Indonesia pada siswa sekolah dasar sebagai pendukung kegiatan literasi.
Mengingat keterampilan berbahasa Indonesia merupakan faktor penting dan
berkaitan erat dalam proses pembelajaran maka dari itu, keterampilan berbahasa
perlu dilatih sejak bangku sekolah dasar. Dengan siswa menguasai keterampilan
berbahasa Indonesia maka secara tidak langsung akan mendukung kegiatan
literasi. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlu
memanfaatkan aplikasi AKSI Sekolah untuk mengetahui kemampuan literasi
siswa.
Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kemampuan literasi dalam
pelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan aplikasi Aksi Sekolah pada siswa
kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati?, (2) bagaimana respon siswa kelas 5 SDN
Sugihrejo 01 Gabus Pati terhadap penggunaan aplikasi Aksi Sekolah?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan
mendeskripsikan kemampuan literasi dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan
bantuan aplikasi Aksi Sekolah pada siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati,
(2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa kelas 5 SDN Sugihrejo
01 Gabus Pati terhadap penggunaan aplikasi Aksi Sekolah.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu melalui wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian
dilakukan di SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati, dengan subjek penelitian adalah guru
kelas 5 dan siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 yang berjumlah 10 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi Bahasa Indonesia
siswa untuk kategori tinggi sebesar 30%, kategori sedang sebesar 10%, kategori
sangat rendah sebesar 60%, sedangkan kategori sangat tinggi dan rendah memiliki
presentase 0%. Secara umum rata-rata kemampuan literasi Bahasa Indonesia
siswa kelas V SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati tergolong sedang atau normal.
Kebanyakan siswa melaksanakan literasi tetapi sebagian dari mereka tidak
sepenuhnya paham dan menguasai keterampilan literasi berbahasa Indonesia
seperti mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Tidak semua siswa
memiliki kesadaran sendiri untuk terbiasa melaksanakan kegiatan literasi.
Khususnya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa kurang
menguasai keterampilan literasi. Selanjutnya hasil angket respon siswa
menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas
V. Siswa sangat senang dan antusias merasa soal cerita dalam aplikasi mudah
dipahami apalagi dilengkapi dengan gambar yang menarik. Selain itu, siswa juga
termotivasi dan merasa aplikasi AKSI Sekolah dapat membantu memahami pelajaran Bahasa Indonesia dikelas. Namun, sebanyak 20% siswa merasa tidak
tertantang dengan adanya waktu dalam aplikasi. Selain itu, sebanyak 30% siswa
merasa tidak antusias menjawab soal dengan cara voice note.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang didapatkan adalah guru dapat
memperbaiki desain pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran
agar lebih menarik dan menyenangkan. Siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik
mungkin untuk mengasah kemampuan literasi, dan bagi pembaca diharapkan
dapat mengembangkan inovasi penelitian ini ke arah yang lebih baik dari pada
penelitian sebelumnya.
Kata Kunci: Literasi, Bahasa Indonesia, Aplikasi Aksi Sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:51
Last Modified: 18 Jan 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item
View Item