ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI PENAWANGAN 01 PRINGAPUS SEMARANG

ASIYAH, IRMA NUR (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI PENAWANGAN 01 PRINGAPUS SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of IRMA NUR ASIYAH 19120425.pdf] Text
IRMA NUR ASIYAH 19120425.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

IRMA NUR ASIYAH. NPM 19120425. “Analisis Dampak Penggunaan
Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Penawangan 01
Pringapus Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing Ikha
Listyarini,S.Pd.,M.Hum. Dosen Pembimbing II Asep Ardiyanto,S.Pd.,M.Or.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa
sekolah dasar khususnya siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 yang telah
memiliki gadget sejak dini. Mereka menggunakan gadget secara berlebihan dan tak
terkontrol sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajarnya.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SD
Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang? , 2) Apakah terdapat dampak
penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan
01 Pringapus Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas
VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, orang tua siswa, dan
siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01. Teknik pengumpulan data penelitian ini
dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap
hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 tidak begitu signifikan.
Dapat dinyatakan bahwa penggunaan gadget memberikan dampak positif terhadap
hasil belajar siswa karena secara keseluruhan terjadi peningkatan dalam hasil
belajar mereka.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa
diharapkan mampu menahan diri untuk tidak bermain gadget secara berlebihan
demi kebaikan, tidak mencoba-coba menonton konten yang tidak baik, dan
menggunakan gadget untuk hal yang positif. Orang tua juga diharapkan mampu
memberikan arahan yang tepat mengenai penggunaan gadget yang bijak kepada
anak-anak dan selalu mengontrol penggunaan gadget oleh anak secara teratur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:22
Last Modified: 03 Jan 2024 06:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item
View Item