STUDI ANALISIS GURU KELAS PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 KETRO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN

Agustina, Fani (2023) STUDI ANALISIS GURU KELAS PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 KETRO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FANI AGUSTINA 19120185.pdf] Text
FANI AGUSTINA 19120185.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FANI AGUSTINA. NPM 19120185. “ Studi Analisis Guru Kelas Pada
Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD N 1 Ketro Kecamatan
Karangrayung Kabupaten Grobogan”. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum fleksibel yang beragam di
mana konten akan lebih optimal agar siswa memiliki cukup waktu untuk
mendalami materi dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki kebebasan dalam
menentukan perangkat pembelajaran seperti apa yang akan di gunakan sehingga
pembelajaran dapat di sesuaikan dengan kebutuhan siswa dan minat belajar siswa.
permasalahan yang di ambil disini adalah Bagaimana perencanaan
pembelajaran kurikulum merdeka di SD N 1 Ketro Kecamatan Karangrayung
Kabupaten Grobogan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui studi
analisis guru kelas pada perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar di
SD Negeri 1 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif yang
digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Dimana obyek yang diambil adalah
kepala sekolah serta guru yang sudah mulai menerapkan kurikulum ajaran baru
yaitu di kelas 1 dan 4. Dimana instrument yang digunakan adalah instrument
wawancara, observasi, dan dokumentas.
Hasil dari penelitian ini bahwa perencanaan pembelajaran di era
kurikulum merdeka ini masih pada tahan uji coba. Perencanaan yang guru siapkan
yaitu dengan menyiapkan modul sebagai acuan dalam melakukan kegiatan belajar
mengajar di kelas. Minimnya fasilitas juga membuat guru kesulitan dalam
melakukan pembelajaran berbasis media elektronik. Setelah melakukan penelitian
dapat di simpulkan bahwa sekolah SD N 1 Ketrosudah mulai melaksanakan
kurikulum merdeka dimana sekolah sudah melakukan uji coba dengan
menerapkan di kelas 1 dan 4.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Pemerintah diharapkan untuk lebih memperhatikan guru selama masa peralihan
kurikulum. Dinas pendidikan Kabupaten Grobogan diharapkan juga untuk
mengadakan sosialisasi, pelatihan dan arahan secara khusus ke sekolah –sekolah
untuk para guru yang ada di grobogan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:51
Last Modified: 04 Jan 2024 03:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item