PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HOME VISIT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 TAMBAKREJO DI MASA PANDEMI COVID-19

APRILIANI, GALUH RIZKI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HOME VISIT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 TAMBAKREJO DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GALUH RIZKI APRILIANI 17120044.pdf] Text
GALUH RIZKI APRILIANI 17120044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

GALUH RIZKI APRILIANI. NPM 17120044. “Penerapan Model Pembelajaran
Home Visit Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01
Tambakrejo Di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini, antara lain: Penerapan
pembelajaran berbasis home visit belum diaplikasikan dan digunakan oleh guru,
Aktivitas belajar selama proses pembelajaran belum optimal dan maksimal, serta
menunjukkan kecenderungunan menurun, prestasi belajar siswa mengalami
penurunan, rendah dan masih belum tuntas mencapai nilai KKM siswa kelas II
SD Negeri 01 Tambakrejo selama masa Pandemic 2020 Covid-19. Berdasarkan
data tersebut dapat diketahui bahwa Aktivitas belajar siswa cenderung menurun
dan berdasarkan hasil wawancara guru kelas II SD Negeri 01 Tambakrejo
Kabupaten Grobogan, prestasi belajar siswa masih rendah dan menurun, serta
belum tuntas selama masa pandemic 2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana pengaruh model pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa
di masa pandemi Covid-19 pada kelas II SD N 01 Tambakrejo?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen ini peneliti menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk
One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
dan non tes (observasi dan wawancara).
Hasil analisis menunjukkan hasil capaian angket aktivitas belajar siswa
dengan rata-rata sebesar 89.41 (kategori tinggi), hasil uji banding Aktivitas belajar
dan hasil belajar pretest dan posttest sebelum dan sesudah penerapan
pembelajaran Home Visit dengan hasil nilai paired correlation sebesar 0,871 ≥
0,000 dan hasil uji t paired t-test dengan hasil nilai paired correlation sebesar
0,871 ≥ 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap setelah adanya
penerapan pembelajaran Home Visit dan terdapatnya hubungan yang kuat dna
positif Penerapan pembelajaran Hole Visit terhadap Aktivitas belajar siswa kelas
II SD Negeri 1 Tambakrejo pada masa pandemic Covid-19. Sedangkan hasil uji
N-Gain Score pada penerapan pembelajaran Home Visit adalah efektif untuk
meningkatkan Aktivitas belajar dan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri 1
Tambakrejo.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Home Visit
adalah efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar pada siswa
kelas II SD Negeri 1 Tambakrejo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:57
Last Modified: 16 Jan 2024 01:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item
View Item