SETIYAWAN, DIDIK (2020) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOPRINGGO PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DIDIK SETIYAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Didik Setiyawan. NPM 15410240. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Teks
Eksposisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan
Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik Setyawati, S.,S., M.Hum., dan
Pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik di sekolah sering kali
melakukan kesalahan dalam penulisan ejaan, khususnya pada penulisan teks
eksposisi yang berdampak pada hasil karya peserta didik menjadi kurang baik.
Hal tersebut diketahui melalui hasil observasi dan wawancara dengan guru mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten
Pekalongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud
kesalahan penulisan ejaan pada teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020?
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud kesalahan penulisan
ejaan pada teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wonopringgo
Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan
penggunaan ejaan pada teks eksposisi. Teknik pengumpulatan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan metode simak dengan lanjutan teknik catat.
Metode analisis yang digunakan adalah metode agih dengan teknik lesap dan
teknik ganti, serta menggunakan alat bantu yang berupa kartu data. Hasil analisis
data dalam penelitian ini disajikan dengan menggunakan metode penyajian
informal.
Hasil analisis menunjukan bahwa kesalahan ejaan pada teks eksposisi
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan tahun pelajaran
2019/2020 terdapat enam kesalahan, meliputi pertama: kesalahan penulisan huruf
kapital, di antaranya kesalahan penulisan huruf pertama petikan langsung,
kesalahan huruf kapital pada awal kalimat, kesalahan penulisan huruf pertama
dalam ungkapan yang berhubungan dengan hal-hal keagamaan, dan kesalahan
penulisan huruf pertama nama bangsa, suku, serta bahasa yang tidak terletak di
awal kalimat. Kedua: kesalahan penulisan huruf miring pada penulisan kata nama-
nama ilmiah atau ungkapan bahasa asing dan bahasa daerah yang tidak sesuai
dengan ejaan. Ketiga: kesalahan penulisan kata, di antaranya kesalahan penulisan
kata dasar dan kata bentukan, kesalahan penulisan preposisi di, ke, dan dari, serta
kesalahan penulisan partikel pun. Keempat: kesalahan penulisan lambang
bilangan, di antaranya kesalahan lambang bilangan yang dapat menyatakan satu
atau dua kata yang ditulis dengan angka dapat ditulis dengan huruf, dan kesalahan
penulisan lambang bilangan pada awal kalimat dengan angka. Kelima: kesalahan
penulisan unsur serapan. Keenam: kesalahan penulisan tanda baca, di antaranya
kesalahan penulisan tanda baca titik dan kesalahan penulisan tanda koma.
ix
Saran yang penulis sampaikan adalah sebaiknya guru lebih memberikan
materi tentang ejaan, sehingga peserta didik mampu menggunakan ejaan bahasa
Indonesia sesuai PUEBI dengan benar dan mampu memproduksi teks dengan baik
untuk memenuhi tuntutan kurikulum bahasa Indonesia yang berbasis teks.
Kata Kunci: ejaan, teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8328 |