ARUM, FRISMA PUSPITA (2023) PENGEMBANGAN ASSESSMENT AWAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI GELOMBANG CAHAYA DAN BUNYI PADA SISWA FASE C. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FRISMA PUSPITA ARUM 19120154.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FRISMA PUSPITA ARUM. NPM 19120154. “Pengembangan Assessment Awal
IPA SD Berbasis STEM Materi Gelombang Cahaya dan Bunyi Pada Siswa Fase
C”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih minimnya
assessment awal IPA SD berbasis STEM dalam pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar. Guru masih minim pengetahuan mengenai pembelajaran
berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah
pengembangan assessment awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang
cahaya dan bunyi pada siswa fase C? 2) Bagaimana kelayakan assessment awal
IPA berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui langkah pengembangan assesmen
awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase
C 2) Mengetahui kelayakan assessment awal IPA SD berbasis STEM materi
gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C menggunakan aplikasi Winstep
3.73.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (Research
and Development) dengan menggunakan model 4-D (Four-D). Langkah
pengembangan dimulai pada tahap pendahuluan dengan melakukan analisis
kebutuhan, tahap pengembangan assesment awal, dan tahap pengujian assessment
awal IPA. Data yang diperoleh melalui ahli materi dan siswa fase C yang meliputi
kelas 5 dan 6. Teknik pengumpulan data berupa angket kebutuhan, lembar
penilaian validasi ahli materi, dan tes tertulis.
Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli dan empirik menyatakan bahwa
pengembangan assessment awal dinyatakan valid dan layak digunakan. Hal
tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli kategori sedang s.d tinggi melalui
perhingan Indeks Aiken (0,8 s.d 0,85). Sedangkan hasil validasi empirik
menyatakan bahwa hasil analisis RASCH Model, diperoleh nilai Measure (-1,73
s.d 1,40), nilai Model S.E (0,21 s.d 0,31), nilai Outfit MNSQ (0,60 s.d 1,34), nilai
Outfit ZSTD (-1,4 s.d 1,6), nilai Pt Mean Correlation (0,4 s.d 0,56), reabilitas item
dan person (0,61 dan 0,60) sedangkan Alpha Cronbach (0,68). Sedangkan langkah
pengembangan Assessment Awal IPA SD Berbasis STEM Materi Gelombang
Cahaya dan Bunyi Pada Siswa Fase C mengadaptasi 4 langkah pengembangan
Borg and Gall.
Dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan assessment awal IPA SD
berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C valid dan
layak digunakan sebagai salah satu pedoman bagi guru dalam mengembangkan
assessment awal IPA SD pada fase C Kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:46 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/822 |