PENGARUH FASILITAS DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI PANTAI WIDURI KABUPATEN PEMALANG

Arifiyanti, Desi (2020) PENGARUH FASILITAS DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI PANTAI WIDURI KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Desi Arifiyanti, edit.pdf] Text
Desi Arifiyanti, edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desi Arifiyanti, “Pengaruh Fasilitas dan Promosi terhadap Loyalitas
Pengunjung di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil
observasi awal di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang yang menyatakan bahwa
jumlah pengunjung mengalami penurunan setiap tahunnya dapat dibuktikan
dengan data pengunjung pada tahun 2010-2018. Loyalitas pengunjung merupakan
hal yang sangat penting karena komitmen yang tinggi untuk melakukan
kunjungan kembali di masa yang akan datang. Hal ini menjadi perhatian oleh
pengelola suatu obyek wisata agar selalu meningkatkan pelayanan dan
kualitasnya.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh fasilitas dan promosi
terhadap loyalitas pengunjung di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan analisis data regresi linier
berganda.. Subyek penelitian yaitu konsumen Pantai Widuri Pemalang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 responden didistribusikan secara langsung menggunakan teknik
purposive sampling, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas berpengaruh positif
terhadap loyalitas pengunjung di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang, 2) Fasilitas
berpengaruh positif terhadap loyalitas pengunjung Pantai. Widuri Kabupaten
Pemalang, 3) Fasilitas dan promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas
pengunjung Pantai Widuri Kabupaten Pemalang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil
uji t memperoleh nilai signifikan < 0,05. Maka hal ini menunjukan bahwa semua
hipotesis diterima. diperoleh nilai R2 0,265 sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel Fasilitas dan promosi mempengaruhi loyalitas pengunjung sebesar 26%
dan sisanya 74% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata Kunci: Fasilitas, Promosi dan Loyalitas Pengunjung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:18
Last Modified: 20 Nov 2024 03:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8190

Actions (login required)

View Item
View Item