SAFITRI, JUANDHITA TYAS (2020) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Juanditha Tyas.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Juandhita Tyas Safitri. 15410105. “Penerapan Media Audio Visual Film
Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Resensi Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2
Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.”Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1 Dr.Harjito, M.Hum. dan
Dosen
Pembimbing
2
Pipit
Mugi
Handayani
S.S.,
M.A.
Kata Kunci : Penerapan, Media Audio Visual, Film Surat Kecil Untuk Tuhan,
Menulis Resensi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan keterampilan
menulis resensi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Salatiga tahun
pelajaran 2018/2019. Hal itu disebabkan pemilihan media buku/novel yang
digunakan kurang menarik perhatian peserta didik. Melihat kondisi yang seperti
itu, perlu diupayakan penerapan media yang sesuai supaya peserta didik antusias
dalam mengikuti pembelajaran menulis resensi. Salah satu media yang dapat
diterapkan adalah media audio visual. Dengan menerapkan media tersebut,
diharapkan peserta didikantusiasmengikuti pembelajaran dan memudahkan
peserta didik dalam menulis resensi.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakahpenerapan
media audio visual dalam film “Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Davonar
dalam pembelajaran keterampilan menulis resensi pada peserta didik Kelas XI
SMKNegeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Adapun tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan penerapan media audio visual film “Surat Kecil untuk
Tuhan” karya Agnes Davonar dalam pembelajaran keterampilan menulis resensi
pada peserta didik Kelas XI SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes
dan nontes. Metode tes, peserta didik mengerjakan soal yang berkaitan dengan
pembelajaran menulis resensi. Metode nontes berupa observasi, angket, dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI
SMK Negeri 2 Salatiga. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
DPIB B SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan data tes, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dalam
pembelajaran menulis resensi adalah 81, dan masuk kategori baik karena terletak
pada interval 69-84. Nilai tersebut telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang ditentukan oleh sekolah, yaitu 72. Dari data nontes yaitu observasi
proses pembelajaran dan angket, peserta didik antusias mengikuti pembelajaran.
Dengan diterapkan media audio visual film “Surat Kecil untuk Tuhan” peserta
didik mampu menyimak dengan baik dan menstimulasi mereka untuk menulis
resensi.
Saran yang dapat penulis sampaikan untuk peserta didik yaitu sebaiknya
tidak hanya menggunakan film “Surat Kecil untuk Tuhan” saja, masih banyak
pilihan film yang selain dapat memberikan hiburan, film juga bisa dikaitkan
dalam pembelajaran menulis resensi, serta untuk guru, sebaiknya perlu
menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat peserta didik tertarik,
ix
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai untuk diterapkan dalam pengajaran
bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:08 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8176 |