VERONIKA, DELLA (2019) PROFIL PEMAHAMAN NATURE of MODELS (NoM) SISWA SMA NEGERI PEMINATAN MIPA SE-KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DELLA VERONIKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Nature of Models atau hakikat model merupakan representasi yang mungkin atau
tidak mungkin akurat untuk menggambarkan semua fenomena. Nature of Models
(NoM) merupakan sifat-sifat yang ada pada model. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profil dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman Nature of
Models (NoM) siswa SMA Negeri peminatan MIPA se-Kabupaten Pati. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-Kabupaten Pati
yang berjumlah 1864 siswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 328
siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Stratified
Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi,
lembar wawancara guru dan siswa, serta lembar soal siswa mengenai Nature of
Models (NoM) yang termuat dalam website AAAS (American Association for the
Advancement of Science). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum
pemahaman Nature of Models (NoM) siswa SMA Negeri se-Kabupaten Pati
berdasarkan kategori nilai termasuk dalam kategori ”Cukup” dengan persentase
59,76%. Jika dilihat dari indikator, nilai rata-rata terbanyak yaitu pada indikator 3
yaitu 68,60 dan nilai rata-rata paling sedikit pada indikator 5 yaitu 47,10. Hal
tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sarana prasarana yanng
belum mendukung, pemahaman Nature of Models (NoM) guru kurang,
pelaksanaan kegiatan praktikum belum maksimal, pengimplementasian Nature of
Models (NoM) dalam pembelajaran biologi kurang.
Kata Kunci: Profil, Pemahaman Nature of Models (NoM), Siswa SMA Negeri se-
Kabupaten Pati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:01 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8167 |