RAHMAWATI, FITRIYANA (2023) STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 3 KEPOH BLORA TAHUN 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FITRIYANA 19120016.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
FITRIYANA RAHMAWATI. NPM 19120016. “Studi Analisis Guru Kelas
dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 3 Kepoh Blora
Tahun 2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka serta P5 oleh guru kelas
dengan memanfaatkan lingkungan sekolah di SD Negeri 3 Kepoh Blora yang
minim fasilitas disebabkan karena dulunya SD tersebut adalah SD terpencil.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
di SD Negeri 3 Kepoh Blora oleh guru kelas yang dahulu notabenenya adalah SD
terpencil dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka?, 2) Bagaimana
cara guru mengadaptasikan diri dengan kurikulum merdeka pada pembelajaran di
kelas?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka dan untuk mengetahui ketanggapan
adaptasi dari guru kelas serta warga sekolah mengenai pelaksanaan pembelajaran
kurikulum merdeka di SD Negeri 3 Kepoh Blora tahun 2023.
Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas I serta IV SD Negeri 3
Kepoh Blora. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan
pengamatan dan triangulasi teknik.
Guru dituntut untuk siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka
belajar dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pelaksanaan pembelajaran
kurikulum merdeka yang dilakukan guru sudah baik dan sesuai dengan ketentuan
pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar walaupun belum secara
maksimal. Pada analisis perangkat dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan kepada dua guru, hasilnya menunjukkan jika kedua guru sudah baik
dalam menyusun perangkat dan melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka.
Hanya saja, guru belum maksimal dalam penggunaan media pembelajaran, asesmen
belum cukup mencakup soal-soal HOTS, sarana prasarana IT belum memadai, serta
kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran.
Alangkah baiknya dilakukan monitoring berkelanjutan mengenai
pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka, guru dapat mengikuti pelatihan
mengenai pembuatan perangkat ajar, dan kepala sekolah dapat bekerja sama dengan
komite sekolah untuk membangun sarana prasarana IT agar SD Negeri 3 Kepoh
Blora dapat lebih maju.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:36 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/810 |