PENGARUH PEMANASAAN PERMAINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS ATAS DI SDN 01 BATURSARI KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG

Setiawan, Andi (2023) PENGARUH PEMANASAAN PERMAINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS ATAS DI SDN 01 BATURSARI KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Andi Setiawan 21236007.pdf] Text
Andi Setiawan 21236007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari keprihatinan terhadap rendahnya minat siswa
pada mata pelajaran PJOK khususnya pada pemanasan dalam berolahraga.
Sehingga peneliti mencoba untuk mencari alternatif atau pemecahan masalah dari
kasus tersebut melalui judul “Pengaruh Pemanasaan Permainan Terhadap
Motivasi Belajar Pjok Siswa Kelas Atas Di Sdn 01 Batursari Kecamatan Pulosari
Kabupaten Pemalang”
Berdasarkan latar belakang tersebut maka perumusan masalah yang dibuat
oleh peneliti adalah Apakah ada Pengaruh yang signifikan dari pemanasan
permainan terhadap motivasi belajar PJOK siswa kelas atas di SDN 01 Batursari
Kec. Pulosari Kab. Pemalang? Adapun tujuan yang diharapkan peneliti adalah 1).
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanasan menggunakan permainan
terhadap minat siswa belajar Penjaskes. 2). untuk mengetahui aktivitas belajar
siswa terhadap pembelajaran Penjaskes dengan mengguanakan permainan kecil
dalam pemanasan di SDN 01 Batursari.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantatif. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan tes praktik. Dari
hasil tersebut kemudian dicari hasil mean, simpangan baku, varians, dan
perhitungan sesuai rumus untuk mencari hasil variabel X maupun variabel Y.
Hasil dari penelitian ini hasil post-test (variabel X) didapatkan kelas
eksperimen χ2hitung = 3,71 dan χ2tabel = 11,07048, dan kelas kontrol didapatkan
χ2hitung = 6,59 dan χ2tabel = 11,07048 yang menjadikan χ2hitung> χ2tabel, maka sampel
dan populasi dari variabel X baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol
berdistribusi normal, dan hasil penelitian terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran Penjaskes (variabel Y) didapatkan kelas eksperimen
hitung = 6,88 dan
tabel = 11,07048, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh
hitung = 3,59 dan
tabel = 11,07048, maka dapat dikatakan bahwa sampel dari populasi minat
siswa pada mata pelajaran PJOK (variabel Y) juga berdistribusi normal.
Dan kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh dalam pemberian
permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran
PJOK pada siswa kelas atas Sdn 01 Batursari. Strategi yang diterapkan dalam
penerapan metode permainan kecil bola berantai dalam pemanasan membuat
siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
Kata kunci: Pemanasan Permainan, Minat Siswa, Pjok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:16
Last Modified: 15 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item
View Item