IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 03

FITRIYANA, ANIFATUL (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANIFATUL FITRIYANA 19120428.pdf] Text
ANIFATUL FITRIYANA 19120428.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hal yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat baca peserta
didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, kurangnya pemanfaatan perpustakaan
sekolah semenjak pandemi, dan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian ini
adalah mengenai Bagaimana implementasi pendidikan karakter gemar membaca
dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Rejosari 03?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter gemar membaca dilihat dari strategi pembelajaran, motivasi, dan juga hasil
belajar peserta didik.
Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini
berlokasi di SD Negeri Rejosari 03 Semarang, Kecamatan Semarang Timur. Sampel
penelitian ini adalah 19 peserta didik kelas IV, guru bahasa Inggris dan kepala
sekolah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket,
tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan 1) Implementasi pendidikan karakter gemar
membaca di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 dengan indikator (a) kemampuan
menangkap isi bacaan, (b) kemampuan menjawab pertanyaan berdasarkan isi
bacaan, dan (c) pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh peserta didik, belum
terlaksana secara maksimal. 2) Strategi yang digunakan dalam pelajaran Bahasa
Inggris berbasis pendidikan karakter gemar membaca bervariasi disesuaikan dengan
materi pembelajaran. 3) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter
dalam mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 yakni
kurangnya SDM yang hanya mengandalkan kemampuan guru kelas (belum ada guru
khusus mata pelajaran bahasa Inggris), guru belum membuat modul ajar secara
rutin, dan keterbatasan waktu.
Saran dalam penelitian ini bahwa implementasi pendidikan karakter gemar
membaca dalam mata pelajaran bahasa Inggris sangat baik dikembangkan di
sekolah. Dengan demikian kehadiran tenaga pendidik khusus mata pelajaran bahasa
Inggris juga perlu dihadirkan agar memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:11
Last Modified: 15 Jan 2024 08:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item
View Item