PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE WORDS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV A SD ISLAM DARUL HUDA SEMARANG

SAPUTRI, ANDINA ISNA GHANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE WORDS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV A SD ISLAM DARUL HUDA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Andina Isna Ghani Saputri 19120004.pdf] Text
Andina Isna Ghani Saputri 19120004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah siswa
kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris, siswa kurang menguasai kemampuan
membaca dan menulis, dan media pembelajaran sangat terbatas. Permasalahan pada
penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik pengembangan media Scramble
Word pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD Islam Darul Huda? 2)
Apakah media pembelajaran Scramble Word terhadap pembelajaran Bahasa Inggris
kelas IV SD Islam Darul Huda valid digunakan? 3) Apakah media pembelajaran
Scramble Word terhadap pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD Islam Darul
Huda praktis digunakan?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengembangkan media pembelajaran Scramble Word, untuk menganalisis
kevalidan media pembelajaran Scramble Word layak digunakan sebagai media
pembelajaran, dan ntuk menganalisis kepraktisan media pembelajaran Scramble
Word.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and
Development (RnD). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV A SD Islam Darul
Huda Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Scramble Words dinyatakan valid
dengan kategori sangat layak dengan hasil analisis dari validasi ahli media sebesar
97,5% dan hasil analisis validasi ahli materi sebesar 100%. Media Scramble Words
dinyatakan praktis dengan perolehan presentase 82% kategori sangat setuju,
melalui hasil analisis angket respon siswa. Melalui hasil analisis angket respon guru
diperoleh presentase 80% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil
penelitian ini media Scramble Words yang dikembangkan dinyatakan valid dan
praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh peneliti
adalah supaya media pembelajaran Scramble Words dapat digunakan sebagai kajian
dalam pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa,
dan media Scramble Words dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan untuk uji
keefektifan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:01
Last Modified: 15 Jan 2024 08:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item