PENGEMBANGAN KARTU DETIK (DOMINO MATEMATIKA) PADA MATERI PENJUMLAHAN DI SEKOLAH DASAR

Putri, An Nisa Az Zahra Anindya (2023) PENGEMBANGAN KARTU DETIK (DOMINO MATEMATIKA) PADA MATERI PENJUMLAHAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AN NISA AZ ZAHRA ANINDYA PUTRI 19120015.pdf] Text
AN NISA AZ ZAHRA ANINDYA PUTRI 19120015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

AN NISA AZ ZAHRA ANINDYA PUTRI. 19120015. “Pengembangan Kartu
DETIK (Domino Matematika) Pada Materi Penjumlahan di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keterbatasannya
media pembelajaran dan belum adanya inovasi dalam media pembelajaran
khusunya pada mata pelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik. Salah satu upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah
dengan melakukan pengembangan media kartu DETIK (Domino Matematika)
materi penjumlahan di Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
pengembangan kartu DETIK (Domino Matematika) pada materi penjumlahan di
Sekolah Dasar? 2) Bagaimana kelayakan kartu DETIK (Domino Matematika)
pada materi penjumlahan di Sekolah Dasar?. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media kartu DETIK
(Domino Matematika) materi penjumlahan di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan atau Research and Development dengan langkah pengembangan
Borgh and Gall yang dibatasi hingga pada langkah ke lima yaitu revisi prduk
awal. Hal tersebut berdasarkan putusan Senat Fakultas yang memutuskan bahwa
mahasiswa stara 1 (S1) hanya pada tahap lima, jadilah kelima tahapan itu adalah
1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan
produk awal, 4) Pengujian lapangan awal, 5) Revisi produk awal. Penelitian ini
menggunakan instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar observasi
dan lembar angket. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I
sebanyak 19 orang dan satu orang guru kelas I SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu media kartu DETIK (Domino
Magematika), produk ini merupakan pengembangan dari permainan kartu domino
yang dikembangkan denga memasukan materi materika berupa soal dan bilangan. Produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam
pembelajaran berdasarkan penilaian oleh ahli media sebesar 97% dengan katergori “sangat layak” dan penilaian ahli materi sebesar 80% dengan kategori “layak”. Selanjutnya media tersebut diujikan pada pembelajran matematika kelas I SDN
Pandeanlamper 03 Semarang, hasil uji coba tersebut mendapatkan penilaian
melalui angket tanggapn peserta didik sebesar 100% dengan kategori “Sangat
Layak” dan angket tanggapan guru sebesar 75% dengan kategori “layak" Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah kartu DETIK
(Domino Matematika) pada materi penjumlahan layak digunakan pada
pembelajaran matematika. Adapun saran dalam penelitian ini adalah guru
diharapkan mampu menggunakan media kartu DETIK (Domino Matematika)
sebagai media pembelajaran dikelas dan sebagai media untuk memenuhi
kebutuhan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:54
Last Modified: 15 Jan 2024 07:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item