PENGEMBANGAN INSTRUMEN AWAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI SIKLUS AIR SISWA FASE B

KUSTADI, AMALIA PUTRI (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN AWAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI SIKLUS AIR SISWA FASE B. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMALIA PUTRI KUSTADI 19120186.pdf] Text
AMALIA PUTRI KUSTADI 19120186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya pengembangan
instrumen soal berbasis STEM pada Sekolah Dasar yang dapat melatih
siswa untuk berpikir kritis. Sekolah Dasar perlu adanya instrumen soal
untuk dapat digunakan guru dalam pembelajaran awal. Instrumen dapat
digunakan untuk memeriksa kesiapan siswa dalam pembelajaran.
Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah
pengembangan instrumen soal IPA berbasis STEM materi siklus air fase
B?. 2) Bagaimana keefektifan kegunaan instrumen soal IPA berbasis STEM
materi siklus air fase B?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui langkah pengembangan sebuah instumen dan untuk mengetahui
keefektifan penggunaan instrumen soal IPA.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode peneletian R&D. Model
yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Impelementation, Evalution).Populasi dalam penelitian ini
adalah sleuruh siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan
IV yang telah menerima materi siklus air. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, angket dan hasil analisis uji
coba.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kota Semarang dengan subjek
penelitian 124 siswa terdiri dari 71 siswa laki-laki dan 53 siswa perempuan
melalui convienent sampling. Validasi instrumen menggunakan indeks
aiken dan analisis rasch. Validasi instrumen menggunakan indeks aiken dan
analisis Rasch Model denngan menggunakan winstep. Hasil validasi ahli
menunjukkan bahwa butir soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid
dengan rentang 0,75 sampai dengan 0,95 dengan segi materi, kontruksi dan
bahasa. Soal yang dikembangkan memiliki reliabilitas sedang dengan alpha
cronbach 0,63 (sedang). Soal yang dikembangkan juga memenuhi kriteria
fit dengan RASCH Model terlihat pada Tabel hasil outfit MNSQ pada
analisis Misfit order dengan rentang +0,64 sampai dengan +1,73. Hasil dari
item reability 0,93 sedangkan person reliabilty 0,49 , secara keseluruhan
membuktikkan bahwa instrumen soal IPA SD berbasis STEM pada materi
ekosistem siswa fase B yang dikembangkan berkualitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:53
Last Modified: 15 Jan 2024 07:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item