ANALISIS PERSIAPAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA ASPEK SARANA DAN PRASARANA DI SD NEGERI PAGEJUGAN 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

Puspitasari, Amellia Daras (2023) ANALISIS PERSIAPAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA ASPEK SARANA DAN PRASARANA DI SD NEGERI PAGEJUGAN 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMELLIA DARAS PUSPITASARI 16120486.pdf] Text
AMELLIA DARAS PUSPITASARI 16120486.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

AMELLIA DARAS PUSPITASARI, NPM 16120486. “Analisis
Persiapan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Pagejugan 01 Kecamatan
Brebes Kabupaten Brebes”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2022. Pembimbing
I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd. dan Pembimbing II Mudzanatun, S. Pd., M.
Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya sarana dan
prasarana untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar khususnya
pada persiapan pelaksanaan AKM. Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah
satu sumber daya yang menjadi tolak ukur mutu suatu sekolah dan perlu adanya
tingkatan terus menering seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
yang canggih dan sangat pesat.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kondisi sarana dan
prasarana di SD Negeri Pagejugan 01 Brebes dan bagaimana kondisi aspek sarana
dan prasarana untuk persiapan AKM di SD Negeri Pagejugan 01 Kecamatan
Brebes Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui
sarana dan prasarana yang tersedia di SD Negeri Pagejugan 01 Brebes dan untuk
menganalisis sarana dan prasarana dalam persiapan AKM di SD Negeri
Pagejugan 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
analitis. Subjek penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 3 guru, 3 siswa kelas 5, dan
3 wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
dokumen, dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan triangulasi data
(sumber) dan triangulasi metode yang terdiri dari tahap pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan
prasarana di SD Negeri Pagejugan 01 Brebes masuk dalam kategori kurang baik
berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 dalam Pasal 42, karena sarana dan prasarana
kurang lengkap dari segi kuantitas maupun kualitas. Seperti bangunan, perabot
dan alat peraga. Sarana dan prasarana di SD Negeri Pagejugan 01 Brebes
mempunyai peran dalam peningkatan mutu pendidikan siswa. Karena sarana dan
prasarana yang kurang memadai membuktikan bahwa hasil prestasi yang diraih
kurang memuaskan, sehingga hal ini mempengaruhi kualitas pendidikan siswa.
Saran yang dapat disampaikan yaitu pemerintah dan pihak sekolah dapat
melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana yang digunakan, guna
meningkatkan mutu pendidikan. Guru dibekali dengan ilmu pengetahuan
mengenai penggunaan alat peraga yang berbasis IT, serta guru dan wali murid
mampu mejadi motivator agar siswa termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:51
Last Modified: 15 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item
View Item