EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGANYAR 2

HARDIYANTI, ALYA PUTRI (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGANYAR 2. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALYA PUTRI HARDIYANTI 19120242.pdf] Text
ALYA PUTRI HARDIYANTI 19120242.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam
pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang hanya
menjelaskan materi sehinga siswa hanya menerima ilmu dari guru dan tidak
mengetahui sesuatu dari pengalamannya. Hal ini menyebabkan pembelajaran
siswa menjadi pasif sehingga belum meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar
pada pembelajaran IPA. Hal itu dilihat dari capaiannya berada dibawah kriteria
ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yaitu nilai
70.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre
experimental design dengan jenis one group pretest-posttest (satu kelompok
pretest-postest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN
Tanjunganyar 2. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas V. Teknik
pengambilan sampel yang akan digunakan yaitu non probability sampling tipe
purposive sampling. Berdasarkan hasil data yang diperoleh rata-rata hasil pretest
diperoleh rata- rata kelas sebesar 46,764. Data hasil belajar pada materi perubaan
wujud benda diketahui bahwa Dari hasil uji t berpasangan didapatkan thitung
sebesar 10,146 dan ttabel dari df yaitu 33 sebesar 1,740, dengan syarat jika thitung ≥
ttabel 10,146 ≥ 1,740. Artinya hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan
dari nilai pretest sebesar 46,7 dan nilai posttest sebesar 87,1, maka hasil belajar
sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan.
Berdasarkan data hasil sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang diperoleh,
uji N-Gain sikap ilmiah diatas menunjukkan bahwa, nilai rata-rata N-Gain sebesar
77.69%. Perolehan N-Gain dalam persentase g > 0,7 kategori g-Tinggi.
Sedangkan pengaruh peningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada kelas eksperimen mencapai kriteria nilai rata-rata N-Gain sebesar 78.98%.
Perolehan N-Gain dalam persentase g > 0,7 kategori g-Tinggi. Maka keduanya
bertafsiran efektif, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
inkuiri terbimbing ini efektif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda.
Bagi peneliti lain, model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat
diterapkan pada pembelajaran di kelas rendah maupun tinggi dan pada materi
lainnya, karena dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan
sehingga siswa mengingat pembelajaran dari pengalamannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:50
Last Modified: 15 Jan 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item
View Item