PERBANDINGAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TRANSPOR MEMBRAN

Zunaida, Hilma (2020) PERBANDINGAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TRANSPOR MEMBRAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hilma Zunaida.pdf] Text
Hilma Zunaida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Predict
Observe Explain dan Problem Solving terhadap berpikir kreatif dan keterampilan
proses sains siswa pada materi transpor membran kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA
2 MAN 1 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen
(ekperimen semu) menggunakan dua kelas eksperimen dengan rancangan pretest-
posttest non-equivalen multiple-grup design. Teknik dalam pengambilan sample
menggunakan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan signifikan antara berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 1 dan
kelas eksperimen 2, dengan nilai thitung (0,452). Berdasarkan hasil analisis uji t
keterampilan proses sains siswa antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2
diperoleh thitung (0,042). Hal ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan
model Predict Observe Explain dan Problem Solving efektif ditinjau dari berpikir
kreatif dan keterampilan proses sains siswa; (2) terdapat perbedaan berpikir
kreatif dan keterampilan proses sains siswa dengan model Predict Observe
Explain dan Problem Solving. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran
biologi materi transpor membran dengan model predict observe explain lebih baik
dibandingkan dengan model problem solving dalam meningkatkan berpikir kreatif
dan keterampilan proses sains siswa.
Kata Kunci : Model Predict Observe Explain, Model Problem Solving, Berpikir
Kreatif, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:19
Last Modified: 19 Nov 2024 03:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item
View Item