UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMK NEGERI 4 SEMARANG

Sari, Arnia Noviana (2020) UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMK NEGERI 4 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Arnia Noviana Sari.pdf] Text
Arnia Noviana Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arnia Noviana Sari “Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta
Didik Melalui Media Lagu Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan SMK Negeri 4 Semarang”, Progrm Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat peserta didik terhadap
pelajaran PPKn, dibuktikan dengan adanya masih terdapat sebagian peserta didik
yang kurangnya fokus dalam pembelajaran PPKn seperti gaduh, tidur, dan
mengerjakan tugas produktif ketika pelajaran PPKn berlangsung. Tujuan
penelitian ini untuk untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui media lagu pada
pembelajaran PPKn di SMK Negeri 4 Semarang. Fokus penelitian ini adalah
Upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui media lagu pada
pembelajaran PPKn SMK Negeri 4 Semarang, dengan indikator 1) Upaya guru
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 2) Motivasi belajar peserta
didik dan 3) Media Lagu dalam Pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4
Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi,
wawancara dan dokumentasi. Serta keabsahan data menggunakan Triangulasi
Sumber.
Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta
didik melalui media lagu yaitu dilakukan dengan langkah memilih lagu terkini
(Dangdut dan Pop) yang sedang digemari peserta didik, merangkum materi yang
akan digunakan sebagai lirik lagu, memodifikasi lagu yang dipilih dengan materi,
dan mengaplikasikan media lagu pada kegiatan inti atau penutup sebagai ulasan
materi yang menarik. Media lagu menjadi salah satu media yang inovatif dan
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan peserta
didik yang antusias dalam bernyanyi, aktif menjawab pertanyaan guru, dan
menantikan mata pelajaran PPKn. Media lagu juga memiliki kekurangan dan
kelebihan. Kekurangannya yaitu membutuhkan kreatifitas yang tinggi, sarana dan
prasarana harus memadahi, pelaksanaannya dapat mengganggu pembelajaran
kelas lain dan perbedaan daya tarik peserta didik pada media lagu. Serta
kelebihannya yaitu mudah diterima peserta didik, membangun suasana belajar
yang
menyenangkan,
meningkatkan
semangat
belajar
peserta
didik,
menghilangkan pandangan pembelajaran yang monoton, serta dapat diterapkan
dalam pembelajaran dalam jaringan (Daring). Diharapkan guru PPKn dapat selalu
melakukan inovasi dalam pembelajaran yang lebih menarik dan mengikuti
perkembangan IPTEK, bukan hanya pada media yang digunakan namun juga
dalam model, metode, pendekatan dan strategi pembelajarannya juga, disamping
itu sekolah juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana
pembelajaran yang memadai.
Kata Kunci : Upaya guru, Motivasi belajar, Media Lagu.
vii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:17
Last Modified: 19 Nov 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item
View Item