PENGARUH LKPD BERORIENTASI LIFE SKILL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN REJOSARI 01

ZULFA, AMELIA FADILLATUZ (2023) PENGARUH LKPD BERORIENTASI LIFE SKILL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN REJOSARI 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMELIA FADILLATUZ ZULFA 19120264.pdf] Text
AMELIA FADILLATUZ ZULFA 19120264.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

AMELIA FADILLATUZ ZULFA. NPM 19120264. “Pengaruh LKPD
Berorientasi Life Skill Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Life Skill Peserta
Didik Kelas III di SDN Rejosari 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pengembangan LKPD yang mampu mendorong aktivitas belajar peserta didik
rendahnya life skill peserta didik serta ketidak aktifan peserta didik ketika
kegiatan pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya perangkat
pembelajaran yang interaktif dalam mengoptimalkan kecakapan dan motivasi
peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah LKPD Berorientasi Life
Skill Berbasis Pendekatan STEAM Berpengaruh Terhadap Life Skill Peserta
Didik? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh LKPD Berorientasi Life Skill Berbasis Pendekatan STEAM terhadap
Life Skill peserta didik kelas III di SDN Rejosari 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada kegiatan
penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Rejosari 01 Semarang. Sampel
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III C dan III D di SDN Rejosari 01
Semarang yang berjumlah 55 peserta didik. Kelas III C berjumlah 28 peserta didik
sebagai kelas eksperimen dan kelas III D berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas
kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik Pobability Sampling. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui angket, obervasi dan dokumentasi.
Hasil analisis Uji Independent Sample t-test menunjukkan bahwa
diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar .000, yang mana nilai tersebut < 0,05.
Artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil perolehan skor angket life skills
peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan LKPD berorientasi
life skill berbasis STEAM pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tabulasi
angket respon peserta didik terhadap LKPD juga menunjukkan perolehan nilai
sebesar 82% yang mana nilai tersebut memiliki keterangan “sangat baik”. Hal
tersebut dapat dikatakan bahwa LKPD berorientasi Life Skill berbasis STEAM
baik untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran berbasis STEAM untuk
meningkatkan life skill peserta didik. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah
penggunaan LKPD berorientasi Life Skill berbasis STEAM berpengaruh dalam
meningkatkan life skill peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
penggunaan LKPD Berorientasi Life Skill Berbasis Pendekatan STEAM dapat
digunakan menjadi salah satu perangkat pembelajaran pada kegiatan belajar
mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:39
Last Modified: 15 Jan 2024 07:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item
View Item