ENGGARWANTI, AMALINDA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA SDN 2 KARANGMULYO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AMALINDA ENGGARWANTI 19120398.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
AMALINDA ENGGARWANTI. NPM 19120398. “Analisis Komunikasi
Matematis Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa SDN 2
Karangmulyo Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa
yang kesulitan menyampaikan bahasa matematika untuk menyampaikan sebuah
gagasan matematis, terutama pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian.
Di era society 5.0 kemampuan yang harus dimiliki adalah komunikasi dan
kemampuan komunikasi merupakan dasar dalam bermatematika.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
komunikasi matematis materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa SD.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis
bagaimana kemampuan komunikasi matematis materi operasi hitung perkalian
dan pembagian siswa SDN 2 Karangmulyo Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelititan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan metode 1) Observasi, 2) Tes, 3)
Wawancara, 4) Dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III dan IV
SDN 2 Karangmulyo Kabupaten Kendal.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komunikasi matematis
materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa SDN 2 Karangmulyo
tergolong sedang, hal ini sesuai dengan 6 subyek yaitu tiga dari kelas III dan tiga
dari kelas IV yang mendapatkan kategori yang sama. Tingkat komunikasi
matematis yang tergolong sedang mempunyai komunikasi yang hampir memenuhi
sebagian besar dari indikator komunikasi matematis, sebagian besar mereka
menuliskan jawaban hanya saja jawaban tersebut kurang lengkap. Jawaban dari ke
6 subyek sama sekali tidak ada yang menuliskan kesimpulan selain itu siswa
kurang cermat dan teliti dalam mengerjakan soal sehingga mempengaruhi hasil
nilai yang didapatkannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:36 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/774 |