UTAMI, GAYATRI (2020) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FPB DAN KPK BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GAYATRI UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
GAYATRI
UTAMI.
NPM
16120109.
“Analisis
Kesalahan
Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita FPB dan KPK Berdasarkan Prosedur Polya Pada
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika. Ketika
menyelesaikan soal cerita masih sering ditemukan kesalahan-kesalahan yang
dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan
soal cerita dapat dijumpai pada ruang lingkup pembelajaran bilangan materi FPB
dan KPK. Mengingat pendidikan matematika memiliki peran yang sangat penting
karena matematika merupakan ilmu dasar yang digunakan secara luas dalam
berbagai bidang kehidupan termasuk pada pembelajaran FPB dan KPK yang
berguna dalam permasalahan sehari-hari dan berkaitan dengan jenjang pendidikan
yang berikutnya. Oleh karena itu, analisis kesalahan siswa pada soal cerita FPB
dan KPK perlu dilakukan.
Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis jenis-jenis kesalahan yang
dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK berdasarkan
prosedur polya dan mengetahui kemungkinan faktor penyebab siswa melakukan
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika . Tujuan pada penelitian
ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam
menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK berdasarkan prosedur polya serta untuk
mendeskripsikan kemungkinan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan
dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Sumber
data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang berada di jalan
Gajah Timur Dalam V Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan siswa
kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK
berdasarkan langkah penyelesaian Polya yaitu kesalahan memahami soal,
kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan
memeriksa kembali solusi yang diperoleh.
Kata kunci : Analisis kesalahan, Soal cerita, FPB dan KPK, Polya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:26 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7668 |