PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 02 SOKAWANGI

MEGALELY, ALRI PURTIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 02 SOKAWANGI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALRI PURTIKA MEGALELY 19120207.pdf] Text
ALRI PURTIKA MEGALELY 19120207.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ALRI PURTIKA MEGALELY. NPM 19120207. “Pengaruh Model
Pembelajaran PBL Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
IPA Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 02 Sokawangi”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I
Dr. Fine Reffiane, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada
mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan siswa merasa bosan
karena model pembelajaran yang kurang bervariasi, siswa menyukai pembelajaran
yang dilaksankan dengan belajar sambil mencoba yang menyajikan suatu masalah
nyata dalam kehidupan sehari-hari dan menemukan penyelesaian masalah tersebut
agar lebih mudah dalam memahami materi. Namun pada kenyataanya model
pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA lebih sering menggunakan
model discovery learning dan ceramah saja.
Hal tersebut membuat siswa sulit dalam memahami materi pembelajaran
karena latar belakang siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemahaman yang
berbeda-beda, membuat menjadi pasif. Masalah tersebut mempengaruhi motivasi
belajar siswa yang berakibat dengan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan
dibuktikan dengan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM.
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengaruh model pembelajaran
Problem Based-Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar Tema 7
Subtema 1 Kelas V?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil
belajar siswa pada materi Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 02 Sokawcangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kuantitatif dengan
menggunakan design penelitian Pre-Eksperimental Deisgn dengan bentuk One
Group Pretest- postest Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas V SDN 02 Sokawangi dengan jumlah 21 peserta didik menggunakan Non
Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data penenlitian ini
diperoleh melalui tes (pretest dan posttest) , wawancara, observasi dan
dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif dan pemahaman
konsep mengalami peningkatan yaitu hasil pretest dan posttest mengalami
perbedaan. Rata-rata pretest adalah 59, presentase ketuntasan belajar siswa
mencapai 29%. Rata-rata posttest adalah 78, presentase ketuntasan belajar siswa
mencapai 95%. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu t
hitung = 7,87970 dan t tabel = 2,08 dengan taraf signifikan 5% seingga t hitung >
t tabel yang artinya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model Problem Based-Learning (PBL) berbasis
STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Sokawangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:24
Last Modified: 15 Jan 2024 07:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item
View Item