ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DASAR DAMPINGAN RUMAH PINTAR BANGJO

HANIFA, ALFIRDA NUR (2023) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DASAR DAMPINGAN RUMAH PINTAR BANGJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALFIRDA NUR HANIFA 18120244.pdf] Text
ALFIRDA NUR HANIFA 18120244.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Alfirda Nur Hanifa. NPM 18120244. “Analisis Pendidikan Karakter Anak
Jalanan Usia Sekolah Dasar Dampingan Rumah Pintar BangJo Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Ervina Eka
Subekti, S.Si., M.Pd. November. 2022
Latar belakang penelitian ini adalah perspektif anak jalanan secara umum
yang berkembang di masyarakat bahwa anak-anak yang berada di jalanan
biasanya mencari nafkah dan menghabiskan waktu untuk bermain, tidak
bersekolah, dan ada pula yang menambahkan anak-anak jalanan mengganggu
ketertiban umum dan melakukan tindak kriminal. Hidup dan berada di jalanan
bukanlah tempat yang layak untuk membantu tumbuh dan berkembang anak,
karena resiko eksploitasi dan ancaman kekerasan yang terkadang dialami dan
terpaksa dirasakan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi dan
mengetahui faktor penghambat serta pendukung penanaman pendidikan karakter
anak jalanan usia Sekolah Dasar dampingan Rumah Pintar BangJo. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data
melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian
ini adalah anak dan orang tua dampingan, serta relawan Rumah Pintar BangJo.
Hasil penelitian diperoleh bahwa proses penanaman pendidikan karakter
yang diajarkan melalui contoh dan penerapan 18 nilai-nilai karakter pada saat
Kelompok Belajar. Dengan harapan agar anak dapat mencontoh dan
mengimplementasikan dalam kehidupannya. Perubahan nilai-nilai karakter yang
dimiliki anak, diharapkan sikap dan perilaku anak yang awalnya kurang baik
secara perlahan mereka memahami dan menerapkan. Faktor penghambat dan
pendukung justru membuat anak, orang tua, dan relawan saling melengkapi dan
mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:07
Last Modified: 15 Jan 2024 07:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item
View Item