RACHMAN, TIKA AULIA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP DI SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TIKA AULIA RACHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tika
Aulia
Rachman.
NPM
15410024.
“Penerapan
Model
Pembelajaran jigsaw dalam Menganalisis Unsur Pembangun Puisi pada Peserta
Didik Kelas X Semester Genap Tahun Pembelajaran 2018/2019‖. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Agus Wismanto, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Pipit Mugi Handayani,
S.S., M.A.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang merasa bosan,
peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menganalisis unsur pembangun
puisi secara menyeluruh. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran masih
menggunakan model yang kurang variatif. Oleh karena itu, model pembelajaran
jigsaw dipilih peneliti untuk meningkatkan rasa minat belajar peserta didik dalam
materi puisi dengan kegiatan pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana cara menerapkan model
pembelajaran jigsaw pada peserta didik kelas X semester genap di SMK Pelita
Nusantara 2 Semarang tahun pembelajaran 2018/2019?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Memiliki tujuan untuk mendeskripsikan hasil
penerapan model jigsaw dalam menganalisis unsur pembangun puisi pada peserta
didik kelas X semester genap di SMK Pelita Nusantara 2 Semarang tahun
pembelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada bulan April 2019. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kelas X TKR-E. Teknik pengumpulan data berupa soal
pre test, obsevarsi perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran, lembar
observasi aktivasi peneliti yang dinilai oleh guru, dan angket.
Berdasarkan hasil analisis data yang didapat, setelah menggunakan
model pembelajaran jigsaw proses pembelajaran puisi dan menganalisis unsur
pembangun puisi berjalan dengan lancar karena adanya pembaharuan model
pembelajaran (jigsaw) sehingga memudahkan peserta didik dalam menerima
materi dan mengerjakan tugas syang diberikan oleh guru. Peserta didik dapat
bertukar pendapat. Hasil tes atau nilai rata-rata materi puisi dengan menerapkan
model jigsaw mendapat hasil 89,5.
Hasil observasi dan analisis angket sikap siswa terhadap model
pembelajaran jigsaw menunjukan bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan
dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun
puisi dengan banyaknya jawaban sangat setuju dan setuju terhadap pernyataan-
pernyataan positif mengenai penerpan jigsaw. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa penerpaan model jigsaw mempengaruhi peserta didik dalam pembelajaran.
Kata Kunci: penerapan model pembelajaran jigsaw, analisis unsur pembangun
puisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:20 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7562 |