PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA KELAS V SD PURWOYOSO 01&02 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

SEKARDIANA, THALIA RANU (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA KELAS V SD PURWOYOSO 01&02 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of THALIA RANU S.pdf] Text
THALIA RANU S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

THALIA RANU SEKARDIANA. NPM 15120424. ” Pengaruh
Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa Kelas V SDN
Purwoyoso 01&02 Kota Semarang”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Penddikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing 1 Intan Rahmawati,S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II
Muhadjir, S.Pd., M.Hum. November. 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya kasus yang
menunjukkan dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan
pada siswa terutama yang masih di sekolah tingkat dasar. Berdasarkan hasil
osbervasi, penggunaan gadget pada siswa SD khususnya siswa kelas IV di
SDN Purwoyoso 1 dan 2 cukup tinggi, hal ini mendorong peneliti untuk
melakukan penelitian mengenai penggunaan gadget oleh siswa kelas V di
sekolah tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap prestasi belajar siswa
di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen
berupa kuesioner dan dokumen terkait prestasi belajar siswa. Instrumen
penelitian ini sebelumnya telah melalui proses uji coba dan pengujian
validitas dan reliabilitas instrumen sehingga layak digunakan sebagai
instrumen penelitian. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian
ini adalah berupa analisis korelasi dan regresi yang dilakukan dengan
bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil analisis korelasi, hasil analisis menunjukkan
bahwa nilai p value korelasi antara penggunaan gadget dan prestasi belajar
siswa adalah sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi bertanda positif
sebesar 0,978, hal ini menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara
penggunaan gadget dan prestasi belajar siswa. Selanjutnya, berdasarkan
hasil analisis regresi, diperoleh nilai signifikansi hasil pengujian pengaruh
penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,000 dengan
koefisien regresi bertanda positif sebesar 0,390. Hal ini menunjukkan
bahwa penggunaan gadget berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar siswa, semakin baik penggunaan gadget maka semakin
baik prestasi belajar siswa. Selain itu, hasil analisis regresi juga
menunjukkan bahwa nilai R Square model regresi adalah sebesar 0,958.
Hal ini menunjukkan bahwa besar kontribusi yang diberikan variabel
penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 95,8%,
sedangkan sisanya sebesar 4,2% variansi prestasi belajar siswa dipengaruhi
faktor lain di luar penggunaan gadget.
Kata kunci : penggunaan gadget, prestasi belajar, korelasi, regresi linear
sederhana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:43
Last Modified: 18 Nov 2024 04:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7540

Actions (login required)

View Item
View Item