PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMPN 2 LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SANTOSO, TEGUH BEKTI (2019) PENERAPAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMPN 2 LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TEGUH BEKTI SANTOSO.pdf] Text
TEGUH BEKTI SANTOSO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Teguh Bekti Santoso, NPM 15410082. “Penerapan Model Student
Fasilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada
Peserta Didik Kelas Viii A Smp N 2 Limpung Kabupaten Batang Tahun Pelajaran
2018/2019”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing IDrs. Suyoto, M.Pd., dan Pembimbing II Azzah Nayla,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: penerapan, model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining,
menulis, teks eksposisi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peserta didik masih kesulitan untuk
mengonsep gagasan sendiri dan rendahnya minat belajar peserta didik sehinga
mereka kesulitan dalam pembelajaran menulis, khususnya pembelajaran menulis
teks eksposisi. Selain itu rendahnya nilai juga dikarenakan penggunaan model
pembelajaran yang kurang optimal dan terpaku pada buku teks sehingga peserta
didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu perlu
diterapkan modelStudent Fasilitator And Explaining.
Rumusan Masalah penelitian ini adalahbagaimana penerapan Penerapan
Model Student Fasilitator And Explaining Dalam Pemelajaran Menulis Teks
Eksposisi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP N 2 LimpungKabupaten Batang
Tahun Pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan Penerapan Model Student Fasilitator And Explaining Dalam
Pemelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP N 2
Limpung kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes(observasi dan
angket). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara
kualitatif dengan cara memaparkan atau mendeskripsikansecara apa-adanya dan hasil
belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan
menggunakan modelstudent facilitator and explaining. Teknik penyaian hasil data
dalam penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu pendeskripsian dengan
menggunakan kata-kata.
Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripsi, tabel, dan diagram
histogram. Hasil tes didapatkan melalui tes menulis teks eksposisi. Berdasarkan
hasil tes, model student facilitator and explainingdapat diterapkan dalam
pembelajaran menulis teks eksposisi, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-
rata mencapai 83,53 dari 30 peserta didik, dengan nilai terendah 66 nilai tertinggi 92.
Dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining
dalam menulis teks eksposisi peserta didik lebih lebih aktif karena terlibah secara
langsung dalam pembelajaran, lebih memahami materi yang disampaikan, lebih
dapat berpikir kritis, serta pembelajaran pun lebih menyenangkan sehingga mereka
lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Saran diberikan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran
yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan materi pembelajaran agar peserta didik
menjadi lebih tertarik pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Dengan
demikian,model pembelajaran Student Fasilitator And Explainingdalam menulis teks
eksposisi dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:32
Last Modified: 18 Nov 2024 04:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item
View Item