PURBASARI, TADYA MEINDA (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TADYA MEINDA PURBASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tadya Meinda Purbasari. NPM 15410071. “Penggunaan Media Audio
Visual Film Pendek dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Drama Pada
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Pembimbing I Dr. Sri Suciati,
M.Hum. dan Pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd. September 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa dalam proses
pembelajaran khususnya untuk pembelajaran keterampilan menulis dibutuhkan
media pembelajaran untuk menarik minat peserta didik. Hal tersebut dilakukan
karena melihat media pembelajaran yang digunakan di kelas masih menggunakan
media pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran terkesan membosankan
dan kurang menstimulasi. Melihat kondisi tersebut, perlu adanya media untuk
menarik minat peserta didik dalam keterampilan menulis teks drama. Salah satu
media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama adalah
media audio visual dengan menayangkan film pendek. Dengan memanfaatkan
media audio visual film pendek diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik,
sehingga peserta didik tertarik dan memperoleh pengalaman baru dalam proses
pembelajaran menulis teks drama. Keterkaitan media audio visual film pendek
dalam pembelajaran menulis teks drama sangat berpengaruh karena saat media
audio visual digunakan peserta didik dituntut untuk kreatif dan menggunakan
imajinasinya dalam merangkai teks drama.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan audio
visual film pendek dalam keterampilan menulis teks drama pada peserta didik
kelas VIII SMP 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019 ? dan bagaimanakah hasil
penerapan audio visual film pendek dalam keterampilan menulis teks drama pada
peserta didik kelas VIII SMP 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019 ? Adapun
tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media audio visual film
pendek dalam keterampilan menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019 dan mendiskripsikan hasil dari
penerapan audio visual film pendek karya Eka Gustiwana dalam keterampilan
menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Demak tahun
pelajaran 2018/2019.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi berupa nilai peserta didik.
Hasil dari penelitian ini adalah media audio visual film pendek dapat
digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan
hasil pekerjaan peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru diharapkan mampu
memberikan terobosan baru untuk pembelajaran di kelas, agar peserta didik lebih
mampu mengembangkan keterampilan dalam menulis dan tidak bosan dengan
materi yang disampaikan.
Kata Kunci: media audio visual, film pendek, keterampilan menulis, teks drama
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7513 |