Sulastoto, Andri (2020) IMPLEMENTASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA PUTIGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KANGKUNG 1 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Andri Sulastoto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Andri Sulastoto. NPM 15120084. “Implementasi Model Realistic
Mathematics Education Dengan Media Putigama pada Kelas IV SD Negeri
Kangkung 01 Mranggen Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih hasil belajar Matematika
disekolah tersebut rata-rata belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM),
dan dilihat dari sumber daya pendidik dimana pendidik belum menggunakan
media pembelajaran inovatif ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana Implementasi Model
Realistic Mathematics Education Dengan Media Putigama pada Kelas IV SD
Negeri Kangkung 01 Mranggen Demak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis Implementasi Model Realistic Mathematics
Education Dengan Media Putigama pada Kelas IV SD Negeri Kangkung 01
Mranggen Demak.
Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design
dengan menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian ini
diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji
lilliefors,dan analisis data akhir dengan uji T.
Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji
T diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,52>1,684, maka Hipotesis dapat diterima,
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Realistic
Mathematics Education Dengan Media Putigama mampu meningkatkan hasil
belajar dan kemampuan matematis pada Kelas IV SD Negeri Kangkung 01
Mranggen Demak.
Saran yang peneliti sampaikan yaitu agar Model Realistic Mathematics
Education Dengan Media Putigama dijadikan salah satu alternatif bagi guru
dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaan matematika untuk
meningkatkan kemampuan matematis siswa agar pembelajaran lebih aktif dan
tidak mebosankan
Kata kunci: model Realistic Mathematics Education, putigama,
kemampuan matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:45 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7474 |