PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BERTELUR BAGI MATERI SATUAN PANJANG KELAS III SEKOLAH DASAR

Nugroho, Afif Adhi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BERTELUR BAGI MATERI SATUAN PANJANG KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AFIF ADHI NUGROHO 19120184.pdf] Text
AFIF ADHI NUGROHO 19120184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

AFIF ADHI NUGROHO. NPM 19120184. “Pengembangan Media Kotak
Bertelur Bagi Materi Satuan Panjang Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I
Suyitno, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II Dr Lina Putriyanti, S. Pd., M. Pd. 21
Agustus 2023.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran
yang bervariasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika, guru
hanya menyampaikan materi secara monoton sehingga pembelajaran kurang
begitu maksimal. Pada pembelajaran menghitung guru hanya menjelaskan materi
di papan tulis, sehingga siswa sulit untuk memahami materi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan kelayakan media Kotak Bertelur
bagi materi satuan panjang kelas III sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan atau R&D (Research
and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall.
Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dibatasi hanya sampai 5 tahap
yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk,
uji coba lapangan awal (terbatas), dan revisi hasil uji lapangan terbatas. Subjek
dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran Kotak Bertelur yaitu
peserta didik Kelas III Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil perhitungan dari validasi terhadap ahli media dan materi yaitu ahli
media diperoleh kevalidan media sebesar 88% dan rata-rata validasi ahli materi
diperoleh kevalidan materi sebesar 90% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Uji coba lapangan awal terbatas dari angket respon guru sekolah memperoleh
sebesar 90% dalam kategori “sangat baik” dan rata rata persentase angket respon
peserta didik memperoleh sebesar 92% dalam kategori “sangat baik”. Ada sedikit
revisi dari media Kotak Bertelur ini yaitu bola bola kecil diganti mainan telur
mainan.
Kesimpulan berdasarkan presentase perolehan hasil uji validasi dan uji
lapangan bahwa pengembangan produk media pembelajaran Kotak Bertelur ini
dinyatakan dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:44
Last Modified: 15 Jan 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item