FATRIYAH, FARIDATUL (2020) DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP PESAN MORAL DAN NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI MOANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FARIDATUL FATRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Faridatul Fatriyah. NPM 16120456. “Daya Tangkap Siswa Terhadap
Pesan Moral dan Nilai Karakter Pada Film Animasi Moana”. Skripsi. Fakultas
Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen
Pembimbing I Singgih Adhi Prasrtyo, S.Sn.,M.Pd dan Dosen Pembimbing II Asep
Ardiyanto, S.Pd.,M.Or Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya waktu
anak yang digunakan untuk menonton televisi dimana televisi memiliki berbagai
tayangan yang tidak semuanya mendidik. Sehingga diperlukan tayangan yang
mendidik yang didalamnya terdapat nilai karakter agar anak menjadi manusia
yang berakhlak. Peneltian ini berfokus pada 18 nilai karakter menurut Kemdiknas.
Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai
karakter yang terdapat dalam film animasi Moana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk diskriptif
kualitatf. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, simak catat, dan
dokumentasi, dan observasi.data dalam penelitian berupa hasil analisis nilai
karakter film animasi Moana serta hasil wawancara dan observasi. Keabsahan
data dalam penelitian ini meliputi pengamatan dan peningkatan ketekunan,
triagulasi, diskusi dengan teman sejawat.
Dari penelitian yang di lakukan diperoleh hasil analisis pesan moral dan
nilai karakter nilai karakter pada film animasi Moana terdapat 15 nilai karakter
tersebut adalah nilai karakter Jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu tinggi, semangat kebangsaan, menghargai
prestasi, komunikatif dan bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli
sosial,tanggung jawab.nilai karakter yang dapat ditangkap oleh anak yaitu 9 nilai
karakter yaitu jujur,disiplin,tanggung jawab, demokrasi, kerja keras, mandiri,
bersahabat, cinta dalami, peduli lingkungan. Film animasi moana dapat dijadikan
sebagai contoh penanaman nilai karakter pada anak dengan tetap mendapat
pendampingan dari guru maupun orang tua.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa dapat
mengetahui nilai-nilai karakter pada film animasi Moana, pada guru guru dapat
menambah kajian pustaka dalam memberikan pendidikan karakter, bagi orang tua
untuk selalu mendamping anak dalam menonton tayangan-tayangan yang ada di
televisi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:16 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7444 |