Fitriyani, Adisti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PUISI (MONOPUS) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PABEDILAN KALER CIREBON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADISTI FITRIYANI 19120218.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
ADISTI FITRIYANI. NPM 19120218. “Pengembangan Media Monopoli Puisi
(Monopus) untuk Pembelajaran Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam proses
pembelajaran pada materi menulis puisi guru sulit mengajarkan materi menulis
puisi dan banyak siswa yang sulit memahami materi menulis puisi. Selain itu,
minimnya penggunaan media pembelajaran membuat siswa merasa bosan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)bagaimana karasteristik
pengembangan media Mopoli Puisi (Monopus) sebagai media Mata Pembelajaran
Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar? 2)apakah Media Monopoli Puisi
(Monopus) valid digunakan pada Materi Menulis Puisi Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar? 3)apakah Media Monopoli Puisi (Monopus)
praktis digunakan pada Materi Menulis Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas IV Sekolah Dasar?4)apakah Media Monopoli Puisi (Monopus) efektif
digunakan pada Materi Menulis Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV
Sekolah Dasar?
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (Analisysis, Design, Development, Implementation, and Evalution).
Peneitian dilaksanakan di sekolah dasar yaitu di SD Negeri 1 Pabedilan Kaler yang
dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2023 dan 25 Maret 2023.
Berdasarkan pengembangan yang dibuatkarakteristik media monopoli puisi
(monopus) ini adalah media bisa digunakan secara fleksibel, mempermudah guru
menjelaskan materi, mempermudah siswa memahami materi, tidak mudah rusak.
Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 91,25% dan hasil validasi
dari ahli media memperoleh 98,4%. Hasil penilaian angket media respon guru
memperoleh persentase 95%, materi angket respon guru memperoleh persentase
98% dan hasil penilaian angket respon siswa kelas 4a memperoleh persentase 88%
dan penilaian angket respon kelas 4b memperoleh persentase 91,125%. Adapun
hasil dari uji keefektifan di satu sekolah dasar terlihat nilai signifikansi kurang dari
0,05. Kesimpulannya bahwa media monopoli puisi (monopus) berbasis games
termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat layak yang telah memenuhi valid,
praktis dan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu media
monopoli puisi (monopus) berbasis game monopoli dapat dijadikan guru dan siswa
kelas IV untuk belajar lebih mendalam materi menulis puisi, media monopoli puisi
(monopus) berbasis game monopoli bisa dimanfaatkan guru sebagai media bantu
dalam menjelaskan materi menulis puisi lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:24 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/732 |