PRABOWO, WAHYU RAGIL (2020) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI 03 BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SKRIPSI - Wahyu Ragil Prabowo- 14120282.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
WAHYU RAGIL RABOWO. NPM 14120282. “Pengaruh Metode Index
Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa dalam kehiduan
Kelas V SD Banjarejo 3 Kabupaten Blora “. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Djoko Poernomo,M.M. Pembimbing II Qoriati Mushafanah,
S.Pd.,M.Pd. Juli. 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi siswa masih kesulitan dalam melakukan
praktik atau percobaan dan rendahnya nilai keterampilan siswa kelas V pada tema
7 sub tema 3 (peristiwa dalam kehidupan), serta guru yang belum menggunakan
model pembelajaran yang inovatif serta keterbatasan media yang dimiliki oleh
sekolah.
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Apakah Pengaruh
Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peristiwa
dalam kehiduan Kelas V SD Banjarejo 3 Kabupaten Blora?”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Index
Card Match mengembangkan hasil belajar siswa Kelas V SD Banjarejo 3
Kabupaten Blora .
Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian menggunakan Pre – Experimental Design dengan rancangan penelitian
One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V
Kelas V SD Banjarejo 3 Kabupaten Blora. Sampelnya adalah siswa kelas V Kelas
V SD Banjarejo 3 Kabupaten Blora yang berjumlah 21 siswa dengan
menggunakan non probability sampling atau sampling jenuh.
Hasil analisis data Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis
hasil belajar siswa tema peristiwa dalam kehidupan diperoleh nilai rata-rata kelas
untuk pretest sebesar 51,43 dan posttest sebesar 64,52 perhitungan uji-t hasil thitung
sebesar 6,827 dengan distribusi uji t diperoleh db = n1+n2– 1 = 21+21 – 1 = 41
dengan taraf signifikan 5% di dapatkan ttabel sebesar 2,020 sehingga thitung > ttabel
atau 6,827 > 2,020 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Perhitungan tersebut
menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah
menggunakan metode index card match. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode
Index Card Match secara signifikan efektif untuk meningkatkan Hasil Belajar
tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SD Negeri 03 Banjarejo Blora.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode Index Card Match dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:46 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7266 |