PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PEMALANG.

Bahagia, Epangestu Rom (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Epangestu Rom Bahagia NPM. 16220072.pdf] Text
Epangestu Rom Bahagia NPM. 16220072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Epangestu Rom Bahagia, “Pengaruh Media Pembelajaran,Lingkungan Belajar,
dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS
SMA Negeri 3 Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai Ulangan Harian ekonomi kelas X
IPS Semester 1, dengan ditandai banyaknya siswa nilainya dibawah KKM . Data
tersebut diperoleh dari Penilaian Tengah Semester 1 yang ada di SMA Negeri 3
Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
true experimental design dengan model pre test post test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Pemalang
dengan jumlah 176 siswa . Sampel yang diambil sebanyak 26 siswa dengan
menggunakan teknik cluster random sampling. Kemudian diolah menggunakan
SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa media
pembelajaran, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata
pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 3 Pemalang. Hal itu dibuktikan
dengan variabel media pembelajaran memperoleh nilai thitung sebesar 3,302,
lingkungan belajar sebesar 2,816, motivasi belajar sebesar 3,771 lebih besar dari
nilai ttabel 2,228. Selain hal itu , nilai signifikansi variabel media pembelajaran
0,769, lingkungan belajar 0,337 , motivasi belajar 0,107 yang berarti H1,H2,H3
diterima yang berarti media pembelajaran,lingkungan belajar, motivasi belajar
berpengruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi
keals X IPS SMA Negeri 3 Pemalang.
Kata kunci : Media Pembelajaran, lingkungan belajar, motivasi belajar,hasil
belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:37
Last Modified: 05 Nov 2024 07:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7243

Actions (login required)

View Item
View Item