PROFIL PEMAHAMAN NATURE OF MODELS (NoM) SISWA PEMINATAN MIPA SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG

NURKHOLIS, AFNAN (2019) PROFIL PEMAHAMAN NATURE OF MODELS (NoM) SISWA PEMINATAN MIPA SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AFNAN NURKHOLIS.pdf] Text
AFNAN NURKHOLIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Model dapat digunakan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan fenomena yang
ada pada sains yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah sains. Nature of
Models (NoM) merupakan sifat-sifat yang ada pada model. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman Nature of Models siswa peminatan
MIPA di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Subjek dalam penelitian adalah
siswa SMA Negeri kelas XI di Kabupaten Pemalang yang berjumlah 400 siswa.
Teknik sampling untuk penelitian ini yaitu Proportionate Stratified Random
Sampling. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes
pemahaman Nature of Models (NoM).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman Nature of Models siswa
peminatan MIPA di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang termasuk dalam
kategori “Cukup”. Frekuensi siswa yang memiliki pemahaman kategori “Sangat
Baik” yaitu 0,25%. Frekuensi siswa yang memiliki pemahaman kategori “Baik”
yaitu 42,75%. Frekuensi siswa yang memiliki pemahaman kategori “Cukup” yaitu
54,00%. Frekuensi siswa yang memiliki pemahaman kategori “Kurang” yaitu
3,00%. Hasil pemahaman pada masing-masing indikator Nature of Models yaitu
indikator 3 dengan nilai rata-rata 73,2 dan indikator yang memperoleh nilai rata-
rata terendah yaitu indikator 4 sebesar 46,8.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman Narure of Models siswa adalah
sarana dan prasarana yang masih kurang mendukung, penggunaan model sebagai
media yang kurang bervariasi, model pembelajaran guru yang kurang membangun
kemampuan pemodelan siswa, dan pemahaman mengenai model yang belum
sepenuhnya dipahami oleh guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:47
Last Modified: 05 Nov 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7134

Actions (login required)

View Item
View Item