KUSUMA, AFRISA ARDIANTY (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AFRISA ARDIANTY KUSUMA 19120330.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
AFRISA ARDIANTY KUSUMA NPM 19120330. “Kefektifan Model PjBL
(Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and
Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Kelas V SD Negeri
Gayamsari 02 Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I: Singgih Adhi Prasetya, S.Sn., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II:
Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Juli 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu guna mengetahui
keefektifan model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM terhadap hasil
belajar. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya inovasi dalam menerapkan
model pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah
model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM efektif terhadap hasil
belajar siswa tema 6 kelas V SD Negeri Gayamsari 02?. Tujuan yang hendak
dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa tema
6 kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian ini
adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang yang berjumlah 54 siswa.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dengan jumlah 26 siswa. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji
daya pembeda, uji normalitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini
adalah menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.
Hasil penelitian dari keefektifan model PjBL (Project Based Learning)
berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa tema 6 kelas V SD Negeri Gayamsari
02 pada pretest memperoleh rata-rata 84,61 dan posttest memperoleh rata-rata
50.92. Berdasarkan uji paired sample t-test diketahui sign. (2-tailed) pretest dan
posttest sebesar 0,00 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan
demikian hasil pembelajaran menggunakan model PjBL berbasis STEM efektif
diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisa uji N-Gain
diperoleh hasil sebesar 0,7161. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran
menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis
STEM terhadap hasil belajar mencapai efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM efektif diterapkan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:24 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/706 |