KHARISMATIKA, AFNESTYA HAPPY (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF NUMERASI MELALUI MEDIA ACTION (ACTIVE ON NUMERATION) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANG 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AFNESTYA HAPPY KHARISMATIKA 18120277.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
AFNESTYA HAPPY KHARISMATIKA 18120277. “Pengembangan E-
LKPD Interaktif Numerasi Melalui Media Action (Active On Numeration) Untuk Siswa
Kelas V SD Negeri Jomblang 03 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Pembimbing 1
Fajar Cahyadi S.Pd,.M.Pd. Pembimbing II Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Berdasarkan hasil
observasi kebutuhan siswa secara umum siswa di di SD Negeri 03 Jomblang Kota
Semarang mengalami kesulitan memahami numerisasi dibuktikan pada data skor
ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) 2021 hasilnya masih dibawah
kompetensi minimum. Karena pembelajaran AKM (Asesmen Kompetensi
Minimun) banyak siswa yang kesulitan memahami soal-soal pada AKM khususnya
numerasi.
Penelitian ini bertujuan untuk a)Mendeskripsikan prosedur pengembangan E-
LKPD interaktif numerisasi dari tahap awal hingga akhir pada kelas V di SD Negeri
Jomlang 03 Kota Semarang..b) Untuk mengetahui kevalidan E-LKPD interaktif
numerisasi setelah digunakan menjadi pada kelas V di SD Negeri Jomlang 03 Kota
Semarang. c) Untuk memenuhi tujuan pembelajaran E-LKPD interaktif numerisasi
mendukung aktivitas pada siswa kelas V untuk persiapan ANBK di SD Negeri
Jomlang 03 Kota Semarang.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jomblang 03 pada tanggal 02
Novenber 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 sebanyak 18 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data ahli media dan ahli
materi yang diperoleh dari angket dan dianalisis melalui deskriptif. Hasil
pengembangan berupa E-LKPD ACTION ( Active On Numeration).
Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media serta
angket penilaian siswa dan guru. Hasil dari validasi oleh ahli media adalah
94,42%. Hail dari validasi ahli materi adalah 87,50%. Penilaian siswa sebesar
91,44%. Penilaian guru sebesar 99,84%. Hal ini menunjukan bahwa E- LKPD
ACTION (ACTIVE ON NUMERATION) telah berhasil dalam pengembangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/704 |