PANGESTU, ADITYA ARIS (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 KERTOSARI KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADITYA ARIS PANGESTU 18120173.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ADITYA ARIS PANGESTU. NPM 18120173. “Analisis Kemampuan bercerita
siswa kelas IV SD Negeri 4 Kertosari Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. dan
Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat
membaca siswa tentang materi bercerita khususnya cerita rakyat. Hasil dari
observasi awal siswa yang suka membaca cerita hanya 36,6 % atau 11 siswa
sedangkan siswa yang tidak suka membaca cerita adalah 19 siswa atau 63,3%.
Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam menyerap atau menerima materi
pembelajaran bercerita pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kertosari Kabupaten
Kendal dan kurangnya pembiasaan membaca pada proses pembelajaran bercerita
yang mengakibatkan kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran bercerita.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana
kemampuan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 4 Kertosari Kabupaten Kendal.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui
kemampuan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 4 Kertosari Kabupaten Kendal
dilihat pada hasil penilaian kemampuan bercerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berfokus pada suatu
fenomena yang diamati sesuai dengan subyek yang diteliti. Pada penelitian ini
peneliti akan mendeskripsikan apa yang telah diteliti yaitu mengungkap kriteria
kesulitan bercerita yang terjadi dan faktor pendukung dan penghambat
kemampuan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 4 Kertosari Kabupaten Kendal.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data awal
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis
data awal peneliti menggunakan instrumen penelitian yang berupa lembar
penilaian proses pembelajaran bercerita dan lembar penilaian ketrampilan
bercerita.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan bercerita siswa kelas IV SD
Negeri 4 Kertosari Kabupaten Kendal yang berjumlah 30 siswa, kebanyakan
siswa sekitar 60% atau 18 siswa sudah mampu bercerita dengan lancar. Pelafalan
anak pada saat bercerita sudah baik, kelancaran saat bercerita cukup baik, gaya
ekspresi cukup, penghayatan cerita yang dilakukan oleh siswa pun cukup dan
penguasaan isi cerita yang dibawakan sesuai alur cerita dengan baik. Sekitar 40%
atau 12 siswa belum mampu memenuhi kriteria bercerita yang ditetapkan yaitu
siswa hanya mampu membacakan cerita dengan sedikit mengeja, dengan
gaya/ekspresi datar, penghayatan yang belum muncul, pelafalan yang kurang jelas
dan dengan membaca tanpa memperhatikan penghayatan cerita.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah harus
membiasakan siswa untuk membaca, menyimak dan mendengarkan cerita supaya
kemampuan bercerita siswa dapat meningkat serta dapat menambah wawasan dan
pengetahuan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:37 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/696 |